Kompas TV nasional berita kompas tv

JB Sumarlin, Menteri Keuangan Era Presiden Soeharto Tutup Usia

Kamis, 6 Februari 2020 | 16:01 WIB
jb-sumarlin-menteri-keuangan-era-presiden-soeharto-tutup-usia
Menteri Keuangan periode 21 Maret 1988 – 17 Maret 1993 Prof. Dr. Johannes Baptista Sumarlin atau yang dikenal dengan nama JB Sumarlin meninggal dunia. (Sumber: Dokumen Kementerian Keuangan)

JAKARTA, KOMPASTV - Mantan Menteri Keuangan era Presiden Soeharto Prof. Dr. Johannes Baptista Sumarlin atau JB Sumarlin tutup usia. Tokoh nasional, J.B Sumarlin wafat pada Kamis, 6 Februari 2020, pukul 14:15 WIB di RS Carolus, Jakarta.

Pihak keluarga besar JB Sumarlin menyatakan jenasah akan disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam Semanggi dan rencananya jenasah akan dimakamkan di San Diego Hills pada hari Senin, 10 Februari 2020.

Baca Juga: Mantan Menteri Urusan Peranan Wanita Mien Sugandhi Meninggal

Profil JB Sumarlin dalam laman daftar menteri Kementerian Keuangan menjelaskan almarhum lahir di Blitar, 7 Desember 1932. JB Sumarlin menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sebelum masuk ke pemerintahan, kepala Bappenas di jaman orde baru ini pernah bekerja sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan sempat bekerja di sebuah perusahaan industri di Jakarta. Bahkan di masa Revolusi fisik JB Sumarlin berperan serta bergerilya sebagai anggota Palang Merah Indonesia, dan sebagai anggota TNI di Jawa Timur.

Perjalanan karir di Kementerian Keuangan dirintis sejak melakukan Gebrakan Sumarlin I pada tahun 1987. Pada saat itu almarhum menjabat sebagai Ketua Bappenas dan Menteri Keuangan ad Interim. 

Gebrakan Sumarlin I adalah pengetatan moneter dengan cara menaikkan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Hal ini dilakukan pemerintah bersama Bank Indonesia untuk mengatasi perekonomian Indonesia yang menghadapi kesulitan.

Editor : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:46
HOTLINE KBRI BEIRUT +961 3199 493   TERCATAT 1.447 WNI BERADA DI LEBANON, 1.234 DI ANTARANYA ADALAH PASUKAN KONTINGEN GARUDA   KEMENLU TERUS PANTAU DAN PASTIKAN KONDISI WNI PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PERANCIS KIRIM 2 PESAWAT MILITER KE BEIRUT UNTUK BANTUAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN PASCA-LEDAKAN BESAR   SEBANYAK 300.000 PENDUDUK KEHILANGAN RUMAH AKIBAT LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PRESIDEN LEBANON MICHEL AOUN JANJIKAN PENYELIDIKAN TRANSPARAN ATAS LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   ISRAEL BANTAH TERLIBAT DALAM LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   SEBANYAK 30 TENAGA KESEHATAN RSUD SOGATEN, KOTA MADIUN, TES "SWAB" SETELAH 1 DOKTER POSITIF TERINFEKSI KORONA   BUPATI OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN, ILYAS PANJI ALAM, SEMBUH DARI KORONA   BUKA PARIWISATA UNTUK TURIS DOMESTIK, PEMPROV BALI FOKUS BANGUN KEPERCAYAAN WISATAWAN DI TENGAH PANDEMI   PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI DI WILAYAH KUNINGAN, JABAR, DIBUKA KEMBALI MULAI SABTU, 8 AGUSTUS 2020   KEMENDIKBUD MINTA PEMKOT BEKASI HENTIKAN SIMULASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA DI 6 SEKOLAH   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI IMBAU WARGANYA TIADAKAN LOMBA 17-AN YANG SIFATNYA MENGUNDANG KERUMUNAN   DINKES DKI JAKARTA INGATKAN MASYARAKAT UNTUK BAHU-MEMBAHU ATASI PANDEMI KORONA