Kompas TV nasional berita kompas tv

JB Sumarlin, Menteri Keuangan Era Presiden Soeharto Tutup Usia

Kamis, 6 Februari 2020 | 16:01 WIB
jb-sumarlin-menteri-keuangan-era-presiden-soeharto-tutup-usia
Menteri Keuangan periode 21 Maret 1988 – 17 Maret 1993 Prof. Dr. Johannes Baptista Sumarlin atau yang dikenal dengan nama JB Sumarlin meninggal dunia. (Sumber: Dokumen Kementerian Keuangan)

JAKARTA, KOMPASTV - Mantan Menteri Keuangan era Presiden Soeharto Prof. Dr. Johannes Baptista Sumarlin atau JB Sumarlin tutup usia. Tokoh nasional, J.B Sumarlin wafat pada Kamis, 6 Februari 2020, pukul 14:15 WIB di RS Carolus, Jakarta.

Pihak keluarga besar JB Sumarlin menyatakan jenasah akan disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam Semanggi dan rencananya jenasah akan dimakamkan di San Diego Hills pada hari Senin, 10 Februari 2020.

Baca Juga: Mantan Menteri Urusan Peranan Wanita Mien Sugandhi Meninggal

Profil JB Sumarlin dalam laman daftar menteri Kementerian Keuangan menjelaskan almarhum lahir di Blitar, 7 Desember 1932. JB Sumarlin menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sebelum masuk ke pemerintahan, kepala Bappenas di jaman orde baru ini pernah bekerja sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan sempat bekerja di sebuah perusahaan industri di Jakarta. Bahkan di masa Revolusi fisik JB Sumarlin berperan serta bergerilya sebagai anggota Palang Merah Indonesia, dan sebagai anggota TNI di Jawa Timur.

Perjalanan karir di Kementerian Keuangan dirintis sejak melakukan Gebrakan Sumarlin I pada tahun 1987. Pada saat itu almarhum menjabat sebagai Ketua Bappenas dan Menteri Keuangan ad Interim. 

Gebrakan Sumarlin I adalah pengetatan moneter dengan cara menaikkan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Hal ini dilakukan pemerintah bersama Bank Indonesia untuk mengatasi perekonomian Indonesia yang menghadapi kesulitan.

Editor : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:51
KETUA MPR MINTA PEMDA DAN MASYARAKAT TETAP MENJAGA KUALITAS PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN SECARA KETAT   MENTAN IMBAU DISTRIBUTOR AWASI DAN PERMUDAH AKSES PETANI MENDAPATKAN PUPUK BERSUBSIDI   POLRES JAKARTA SELATAN AKAN BENTUK SATGAS KHUSUS TANGANI KASUS BEGAL SEPEDA   PEMPROV SULAWESI SELATAN BONGKAR STADION MATTOANGING UNTUK DIBANGUN ULANG AGAR MEMENUHI STANDAR FIFA   DIREKTUR UTAMA BIO FARMA SEBUT BELUM ADA INDIKASI YANG MENGHAMBAT UJI KLINIS VAKSIN   MENKEU: PEMERINTAH FOKUS 400 DESA DI DAERAH TERTINGGAL, TERLUAR, DAN TERDEPAN TERHUBUNG JARINGAN INTERNET PADA 2021   PMI FOKUS ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19 DI PENGUNGSIAN BENCANA ALAM   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SIAPKAN NOTIFIKASI PENGATURAN IMPOR KE WTO   TAMBANG BATU BARA ILEGAL DI SUMATERA SELATAN AMBLES, BPBD: 11 ORANG MENINGGAL   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PENUMPANG KERETA DAN PESAWAT TETAP HARUS LAMPIRKAN HASIL TES COVID-19   PRESIDEN BELUM TANDA TANGANI UU CIPTA KERJA, KEPALA KSP MOELDOKO: TINGGAL MENUNGGU WAKTU   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO LARANG MASYARAKAT KE TEMPAT WISATA YANG TAK PATUHI PROTOKOL KESEHATAN   KEPALA BNPT BOY RAFLI AMAR: AJARAN RADIKALISME INTOLERANSI MASIF DISEBARKAN LEWAT MEDIA SOSIAL   KOMNAS HAM: 12 KASUS YANG DISERAHKAN KE PEMERINTAH MERUPAKAN PELANGGARAN HAM BERAT YANG TERJADI DI MASA LALU