Kompas TV travel jelajah indonesia

BUDIDAYA ABALON "SI KERANG MAHAL"

Kompas.tv - 12 Februari 2020, 17:46 WIB
Penulis : Anas Surya

LOMBOK, KOMPASTV - Setelah bertualang di Gili Nanggu, saatnya untuk pulang namun saya tidak mau mengakhiri perjalanan saya. Begitu saja saya akan ke daerah Sekotong di sana saya bisa menikmati pemandangan yang indah dan juga berbagai aktivitas yang menarik.Disini ternyata sangat terkenal dengan hasil lautnya yang berupa mutiara dan juga mempunyai hasil laut yang tidak kalah bernilainya yaitu kerang abalone.

Kerang abalon memiliki kandungan protein dan lemak yang tinggi sedangkan cangkangnya bisa dimanfaatkan untuk aksesoris. Jepang dan Taiwan merupakan pelanggan kerang abalone Indonesia dan ini mempunyai harga jual yang tinggi. Bahkan di Indonesia hanya ada beberapa restoran saja yang menyajikan kerang ini dengan harga yang tidak murah.

Di sini benih-benih abalon atau dikenal juga dengan nama kuping laut dibudidayakan. Jika tidak ada pembudidayaan ini, biasanya nelayan mengambil langsung dari laut. Tindakan ini bukan hanya mengancam keberadaan kerang abalon tetapi juga merusak lingkungan. Sekarang para nelayan cukup membeli benih kerang abalon di sini.

Setelah berkunjung ke Balai budidaya Laut Sekotong, saya ke Pantai Mekaki. Ini pertama kalinya saya mendengar pantai tersebut. Untuk menuju ke sana hanya bisa ditempuh dengan mobil pribadi karena tidak tersedia satupun angkutan umum untuk sampai ke sana.Setelah saya sampai di Pantai Mekaki, takkan habis saya memuji keindahannya, sungguh cantik sekali.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x