Kompas TV travel jelajah indonesia

BUDIDAYA ABALON "SI KERANG MAHAL"

Rabu, 12 Februari 2020 | 17:46 WIB

LOMBOK, KOMPASTV - Setelah bertualang di Gili Nanggu, saatnya untuk pulang namun saya tidak mau mengakhiri perjalanan saya. Begitu saja saya akan ke daerah Sekotong di sana saya bisa menikmati pemandangan yang indah dan juga berbagai aktivitas yang menarik.Disini ternyata sangat terkenal dengan hasil lautnya yang berupa mutiara dan juga mempunyai hasil laut yang tidak kalah bernilainya yaitu kerang abalone.

Kerang abalon memiliki kandungan protein dan lemak yang tinggi sedangkan cangkangnya bisa dimanfaatkan untuk aksesoris. Jepang dan Taiwan merupakan pelanggan kerang abalone Indonesia dan ini mempunyai harga jual yang tinggi. Bahkan di Indonesia hanya ada beberapa restoran saja yang menyajikan kerang ini dengan harga yang tidak murah.

Di sini benih-benih abalon atau dikenal juga dengan nama kuping laut dibudidayakan. Jika tidak ada pembudidayaan ini, biasanya nelayan mengambil langsung dari laut. Tindakan ini bukan hanya mengancam keberadaan kerang abalon tetapi juga merusak lingkungan. Sekarang para nelayan cukup membeli benih kerang abalon di sini.

Setelah berkunjung ke Balai budidaya Laut Sekotong, saya ke Pantai Mekaki. Ini pertama kalinya saya mendengar pantai tersebut. Untuk menuju ke sana hanya bisa ditempuh dengan mobil pribadi karena tidak tersedia satupun angkutan umum untuk sampai ke sana.Setelah saya sampai di Pantai Mekaki, takkan habis saya memuji keindahannya, sungguh cantik sekali.

Editor : Anas Surya



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:18
KPU MAKASSAR BATASI SUMBANGAN DANA KAMPANYE BAGI PASLON MAKSIMAL RP 95,6 MILIAR   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO PASTIKAN NETRALITAS TNI DALAM PILKADA 2020   LPSK SIAP BERIKAN PERLINDUNGAN KEPADA SAKSI KASUS PENEMBAKAN PENDETA DI PAPUA    POLRES EMPAT LAWANG, SUMSEL, GAGALKAN PENYELUNDUPAN 748 KILOGRAM GANJA KERING ASAL ACEH   KEMDIKBUD MINTA PESERTA DAN TENAGA PENDIDIK LAPOR PADA SEKOLAH JIKA BELUM DAPATKAN KUOTA INTERNET    GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO SEBUT SUDAH TAK ADA ZONA MERAH COVID-19 DI JAWA TENGAH   CEGAH PENULARAN COVID-19 DI KALANGAN LANSIA, PEMKOT SURABAYA BERI ALAT PENGUKUR KADAR OKSIGEN DAN VITAMIN KE LANSIA   WAPRES MA'RUF AMIN: PEMUKA AGAMA BERPERAN PENTING CEGAH PENULARAN COVID-19   KETUA BAWASLU SEBUT PILKADA DI TENGAH PANDEMI KORONA TIDAK MUDAH   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKAB LEBAK BERENCANA TERAPKAN PSBB MULAI 1-20 OKTOBER 2020   PEMPROV BANGKA BELITUNG TERBITKAN KEBIJAKAN LARANGAN ISOLASI MANDIRI PASIEN COVID-19 CEGAH KLASTER KELUARGA   KEPALA SATPOL PP JAKARTA PUSAT SEBUT PELANGGAN MASKER DI JAKPUS MENURUN PADA MINGGU KEDUA PSBB   KETUA KOMITE PENANGANAN COVID-19: TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR RS COVID-19 SECARA NASIONAL CAPAI 46,29 PERSEN    KETUA SATGAS COVID-19: BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN USUL HARGA STANDAR TES USAP RP 797.000