HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV travel jelajah indonesia

BUDIDAYA ABALON "SI KERANG MAHAL"

Rabu, 12 Februari 2020 | 17:46 WIB

LOMBOK, KOMPASTV - Setelah bertualang di Gili Nanggu, saatnya untuk pulang namun saya tidak mau mengakhiri perjalanan saya. Begitu saja saya akan ke daerah Sekotong di sana saya bisa menikmati pemandangan yang indah dan juga berbagai aktivitas yang menarik.Disini ternyata sangat terkenal dengan hasil lautnya yang berupa mutiara dan juga mempunyai hasil laut yang tidak kalah bernilainya yaitu kerang abalone.

Kerang abalon memiliki kandungan protein dan lemak yang tinggi sedangkan cangkangnya bisa dimanfaatkan untuk aksesoris. Jepang dan Taiwan merupakan pelanggan kerang abalone Indonesia dan ini mempunyai harga jual yang tinggi. Bahkan di Indonesia hanya ada beberapa restoran saja yang menyajikan kerang ini dengan harga yang tidak murah.

Di sini benih-benih abalon atau dikenal juga dengan nama kuping laut dibudidayakan. Jika tidak ada pembudidayaan ini, biasanya nelayan mengambil langsung dari laut. Tindakan ini bukan hanya mengancam keberadaan kerang abalon tetapi juga merusak lingkungan. Sekarang para nelayan cukup membeli benih kerang abalon di sini.

Setelah berkunjung ke Balai budidaya Laut Sekotong, saya ke Pantai Mekaki. Ini pertama kalinya saya mendengar pantai tersebut. Untuk menuju ke sana hanya bisa ditempuh dengan mobil pribadi karena tidak tersedia satupun angkutan umum untuk sampai ke sana.Setelah saya sampai di Pantai Mekaki, takkan habis saya memuji keindahannya, sungguh cantik sekali.

Penulis : Anas Surya



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
14:56
WAKIL GUBERNUR BALI SEBUT DAMPAK WABAH VIRUS KORONA OKUPANSI HOTEL DI BALI ANJLOK HINGGA 80 PERSEN    KOREA SELATAN UNGKAP TOTAL PENDERITA YANG TERINFEKSI VIRUS KORONA HINGGA HARI INI 346 ORANG   KOREA SELATAN MELAPORKAN 142 KASUS BARU VIRUS KORONA PADA SABTU, 22 FEBRUARI 2020   KANTOR STAF PRESIDEN: PEMERINTAH CARI ALTERNATIF TERBAIK UNTUK EVAKUASI WNI DARI DIAMOND PRINCESS   WNI YANG MENJADI PEKERJA DI KAPAL DIAMOND PRINCESS MENGAKU KECEWA JIKA DIEVAKUASI MENGGUNAKAN JALUR LAUT   MENTERI KOPERASI DAN UKM TETEN MASDUKI DUKUNG KOPERASI SIMPAN PINJAM TERAPKAN TEKNOLOGI SEKELAS BANK   OMBUDSMAN SEGERA PANGGIL KEMENKO PEREKONOMIAN DAN KEMENKUMHAM SOAL POLEMIK UU CIPTA KERJA    HUMAS BATAN: PEMBERSIHAN LIMBAH RADIOAKTIF DI PERUMAHAN BATAN INDAH, TANGSEL, DILANJUTKAN SENIN, 24 FEBRUARI 2020   KARO HUMAS BATAN SEBUT PEMBERSIHAN LIMBAH RADIOAKTIF DI PERUMAHAN BATAN INDAH, TANGSEL, DILIBURKAN SEMENTARA   JUBIR PRESIDEN FADJROEL RACHMAN SEBUT PEMERINTAH SEGERA EVAKUASI WNI YANG BERADA DI KAPAL DIAMOND PRINCESS   TERKAIT KECELAKAAN SUSUR SUNGAI SLEMAN, KPAI IMBAU SEKOLAH PERHATIKAN RISIKO KEGIATAN DI ALAM   KPAI IMBAU FOTO SISWA SMPN 1 TURI, YOGYAKARTA, YANG MENJADI KORBAN HANYUT SAAT SUSUR SUNGAI TIDAK DIVIRALKAN    BASARNAS YOGYAKARTA SEBUT MASIH SATU SISWA LAGI YANG BELUM DITEMUKAN AKIBAT HANYUT DI SUNGAI SEMPOR   BASARNAS YOGYAKARTA TEMUKAN DUA KORBAN SISWA YANG HANYUT DI SUNGAI SEMPOR SAAT IKUTI KEGIATAN PRAMUKA SUSUR SUNGAI