HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV travel jelajah indonesia

MENGUNJUNGI ROMANTIC ISLAND

Selasa, 11 Februari 2020 | 15:00 WIB

LOMBOK, KOMPASTV - Di Gili Sudak, saya melihat keadaan yang berbeda dengan Gili Tangkong, di sini saya melihat anak-anak bermain menandakan bahwa Gili ini merupakan perkampungan nelayan atau petani garam. Setelah mengelilingi pulau ini saya baru mengerti kenapa disebut Gili Sudak.

Saya menemukan restoran di tepi pantai putuskan saya mendapatkan undangan untuk makan siang.  Saya melihat sambutan selamat datang yang unik berupa nyanyian dan sedikit tarian dan jika diperhatikan tarian yang diperagakan seperti tarian dari Pulau Dewata namun dengan menggunakan bahasa Lombok. Dari informasi yang saya dapat kesenian ini disebut dengan Cepung berasal dari suatu daerah di Nusa Tenggara yang bernama Kediri. Biasanya terdiri dari 4 hingga 12 orang.

Diperkirakan kesenian ini lahir pada masa kerajaan Bali masuk ke daerah Lombok pada pemerintahan Anak Agung Gede Ngurah Karang Asem sehingga tidak heran ada sedikit pengaruh tarian Bali dalam kesenian Cepung ini biasanya isi dari nyanyian ini berupa petuah-petuah bijak untuk kehidupan sehari-hari. Sayangnya kesenian ini tidak banyak yang tahu dan bisa di katakan hampir punah.

Karena ukurannya yang sangat kecil hingga Gili ini pun takkan kita temukan di dalam peta. Julukan ”Romantic Island” berasal dari wisatawan asing yang mengunjungi Gili Gadis. Bagi mereka yang menginginkan kesendiran atau “privat space” biasanya mereka akan pergi kesini, khususnya pada pasangan bulan madu. Biasanya mereka diantar pagi dan akan dijemput pada sore hari.

Penulis : Anas Surya



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
14:59
WAKIL GUBERNUR BALI SEBUT DAMPAK WABAH VIRUS KORONA OKUPANSI HOTEL DI BALI ANJLOK HINGGA 80 PERSEN    KOREA SELATAN UNGKAP TOTAL PENDERITA YANG TERINFEKSI VIRUS KORONA HINGGA HARI INI 346 ORANG   KOREA SELATAN MELAPORKAN 142 KASUS BARU VIRUS KORONA PADA SABTU, 22 FEBRUARI 2020   KANTOR STAF PRESIDEN: PEMERINTAH CARI ALTERNATIF TERBAIK UNTUK EVAKUASI WNI DARI DIAMOND PRINCESS   WNI YANG MENJADI PEKERJA DI KAPAL DIAMOND PRINCESS MENGAKU KECEWA JIKA DIEVAKUASI MENGGUNAKAN JALUR LAUT   MENTERI KOPERASI DAN UKM TETEN MASDUKI DUKUNG KOPERASI SIMPAN PINJAM TERAPKAN TEKNOLOGI SEKELAS BANK   OMBUDSMAN SEGERA PANGGIL KEMENKO PEREKONOMIAN DAN KEMENKUMHAM SOAL POLEMIK UU CIPTA KERJA    HUMAS BATAN: PEMBERSIHAN LIMBAH RADIOAKTIF DI PERUMAHAN BATAN INDAH, TANGSEL, DILANJUTKAN SENIN, 24 FEBRUARI 2020   KARO HUMAS BATAN SEBUT PEMBERSIHAN LIMBAH RADIOAKTIF DI PERUMAHAN BATAN INDAH, TANGSEL, DILIBURKAN SEMENTARA   JUBIR PRESIDEN FADJROEL RACHMAN SEBUT PEMERINTAH SEGERA EVAKUASI WNI YANG BERADA DI KAPAL DIAMOND PRINCESS   TERKAIT KECELAKAAN SUSUR SUNGAI SLEMAN, KPAI IMBAU SEKOLAH PERHATIKAN RISIKO KEGIATAN DI ALAM   KPAI IMBAU FOTO SISWA SMPN 1 TURI, YOGYAKARTA, YANG MENJADI KORBAN HANYUT SAAT SUSUR SUNGAI TIDAK DIVIRALKAN    BASARNAS YOGYAKARTA SEBUT MASIH SATU SISWA LAGI YANG BELUM DITEMUKAN AKIBAT HANYUT DI SUNGAI SEMPOR   BASARNAS YOGYAKARTA TEMUKAN DUA KORBAN SISWA YANG HANYUT DI SUNGAI SEMPOR SAAT IKUTI KEGIATAN PRAMUKA SUSUR SUNGAI