Kompas TV video internasional

Lolos dari Pemakzulan, Ketua DPR: Trump Tetap Jadi Ancaman Demokrasi AS!

Kompas.tv - 6 Februari 2020, 14:25 WIB
Penulis : Desy Hartini

WASHINGTON DC, KOMPAS.TV - Ketua DPR AS Nancy Pelosi menyatakan, Presiden AS Donald Trump tetap akan menjadi ancaman demokrasi setelah Senat meloloskannya dari pemakzulan.

Dua pasal impeachment yang disangkakan, penyalahgunaan kekuasaan dan menghalangi penyelidikan Kongres tidak mendapat dua pertiga dukungan untuk aktif.

Untuk pasal pertama, hanya 48 anggota Senat AS yang mendukung, di mana Senator Republik, Mitt Romney, membelot dengan mendukung Demokrat.

Sementara pada pasal menghalangi penyelidikan Kongres, perbandingan suaranya adalah 53-47 membuat Trump lolos dari pemakzulan.

Baca Juga: Sah! Presiden AS Donald Trump Lolos dari Pemakzulan

Seusai putusan, Nancy Pelosi mengatakan bahwa Senator Republik telah memaklumi pelanggaran hukum yang dilakukan oleh presiden 73 tahun itu.

Dilansir AFP, Ketua DPR AS dari Partai Demokrat itu menyebut kaum Republikan sudah menolak sistem check and balances di Konstitusi AS.

"Dia akan tetap menjadi ancaman bagi demokrasi Amerika. Dia akan menganggap dirinya di atas hukum dan mengubah hasil pemilihan sesuai keinginannya," katanya. 

Bahkan, hal itu juga disampaikan oleh Pelosi melalui akun Twitter miliknya, @speakerpelosi.

Baca Juga: Detik-detik Ketua DPR AS Sobek Pidato Kenegaraan Presiden Trump

Sebelumnya, Senat Amerika Serikat meloloskan Presiden AS Donald Trump dari tuduhan pemakzulan yang menimpa dirinya pada Desember 2019 lalu. Ada pun hakim Ketua Makhkamah Agung, John Roberts, membebaskan Trump dari dakwaan penyalahgunaan kekuasaan dan upaya perintangan dalam penyelidikan kongres.

Dilansir Agence France-Presse (AFP) pada Rabu (5/2/2020), Trump lolos dari pemakzulan dengan perbandingan 52-48 untuk dakwaan pertama dan 53-47 terkait dakwaan pemakzulan kedua.

#Trump #DonaldTrump #Impeachment



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.