Kompas TV nasional kompas malam

47 dari 600 WNI Eks ISIS Dipulangkan ke Indonesia Berstatus Tahanan

Kompas.tv - 5 Februari 2020, 23:55 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menegaskan, jika pemerintah belum mengambil keputusan, terkait pemulangan WNI mantan ISIS dari Suriah ke Indonesia.

Jokowi menyebut jika pemerintah masih mengumpulkan sejumlah data dan informasi terkait wacana pemulangan 600 WNI mantan ISIS.

Keputusan tentang hal ini nantinya akan diambil di dalam rapat terbatas, setelah Presiden Jokowi mendapat informasi dari sejumlah kementerian dan institusi terkait.

Kepolisian RI menyampaikan, 47 dari 600 WNI eks ISIS yang rencananya dipulangkan ke Indonesia berstatus tahanan. 

"Kalau distatuskan hari ini mereka di sana 47 orang sebagai tahanan, kemudian selebihnya refugees," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Asep Adi Saputra di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020). 

Ia menilai, nantinya proses verifikasi dan profiling menjadi penting untuk mengetahui latar belakang mereka.  

Selain memverifikasi 600 WNI yang rencananya dipulangkan, Pemerintah Indonesia berkoordinasi dengan pemerintah tempat mereka berada, seperti di Suriah, Irak, dan Iran. 

"Informasinya kan 600 orang, tentunya salah satu langkahnya diverifikasi dan profiling dulu, benar tidak orang itu WNI. Kita harus jelas dulu track record-nya. Jadi masih ada proses itu untuk memastikan, sambil kita melihat sikap pemerintah dari sana," ujar dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x