Kompas TV video internasional

Detik-detik Ketua DPR AS Sobek Pidato Kenegaraan Presiden Trump

Kompas.tv - 5 Februari 2020, 16:20 WIB
Penulis : Desy Hartini

WASHINGTON DC, KOMPAS.TV - Inilah momen di mana Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi merobek pidato kenegaraan Presiden AS Donald Trump. Momen ini dianggap tak biasa terjadi di Capitol Hill, Washington.

Tensi antara Pelosi dengan presiden 73 tahun itu memang sudah terjadi setelah mereka tidak bersalaman, meski Pelosi sudah mengulurkan tangannya.

Kemudian politisi dari Partai Demokrat itu juga mendobrak tradisi di mana dia yang akan memperkenalkan presiden ketika memasuki ruangan.

Padahal, biasanya Ketua DPR AS akan memperkenalkan presiden dengan rasa bangga.

Baca Juga: Sah! Presiden AS Donald Trump Lolos dari Pemakzulan

"Secara tradisional, mereka akan berkata 'anggota Kongres, saya mendapat kehormatan tinggi untuk memperkenalkan kepada Anda Presiden AS'," ujar Jake Tapper.

"Sementara Ketua Pelosi mengatakan 'Anggota Kongres, Presiden AS'," kicau Jake Tapper mengomentari panasnya hubungan dua politisi itu. Hal itu dilansir dari The Guardian berdasarkan kicauan jurnalis CNN Jake Tapper.

Momen canggung itu berlanjut ketika Trump memberikan pidato kenegaraan di ruangan DPR AS, dengan berkali-kali Pelosi mengernyit, menggeleng, dan tersenyum tak percaya. Puncaknya adalah ketika presiden dari Partai Republik itu mengakhiri pidatonya, Pelosi berdiri dan langsung merobek dokumen pidato.

Kemudian, ia pun melangkah meninggalkan podium dan berjalan ke arah kolega Demokrat lainnya, serta melambaikannya ke arah keluarga serta teman.

"Itu adalah respons paling sopan jika dibandingkan alternatif yang ada," kata politisi dari Dapil California itu saat dikonfirmasi awak media dikutip AFP Selasa (4/2/2020).

#DonaldTrump #PresidenAS #NancyPelosi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.