Kompas TV travel jelajah indonesia

PULAU PAGANG, SURGANYA SNORKELING

Kompas.tv - 7 Februari 2020, 15:05 WIB
Penulis : Anas Surya

PADANG, SUMATERA BARAT, KOMPASTV - Setelah melewati berbagai macam aktivitas dicoba ada saatnya saya untuk bersantai sejenak dan sedikit bermalas-malasan di salah satu pulau kecil yang letaknya tidak jauh dari Cubadak. Marco bercerita bahwa pulau yang akan kami tuju saat ini adalah pulau kecil yang tak berpenghuni namun kesenian dan kealamiannya mempunyai daya tarik yang luar biasa.

Hanya 15 menit dan kami pun sampai di Pulau Pagang, ternyata di sekitar Pulau Cubadak terdapat pulau pulau indah. Salah satunya Pulau Pagang cukup 20 menit dengan menggunakan speed boat. Di Pulau Pagang ini ditumbuhi banyak sekali pohon kelapa, bukan hanya karena merupakan tanaman khas daerah pantai akan tetapi hal ini berkaitan dengan sejarah Pulau Pagang.

Pada pasca kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, Pulau Pagang awalnya dijadikan tempat pembinaan bagi sebagian narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Muaro Padang. Taher Tenek yang sekarang telah almarhum ketika itu ditempatkan sebagai salah seorang pembinaan napi. Para napi diarahkan menanam bibit kelapa sebagai bekal keterampilan setelah masa hukuman yang habis. Setelah beberapa dasawarsa kemudian Lembaga Pemasyarakatan tidak lagi melakukan pembinaan di sini namun terus mengelola kebun kelapa ini hingga Pulau Pagang menjadi sebuah objek wisata yang menarik.

Jika kemarin saya sudah menjelajahi bangkai kapal kini, saya ingin menyapa warna-warni kehidupan laut. Airnya yang jernih membuat saya dapat melihat berbagai macam jenis ikan seperti clownfish yang biasanya sangat dikenal anak-anak karena sebuah film kartun yang membuat ikan menggemaskan ini begitu terkenal. Ada juga butterfly fish, pari totol biru, grouper fish yang berkelompok berenang kesana-kemari.

Tak terasa hari sudah semakin siang matahari pun semakin tinggi, santap siang pun sudah disiapkan. Apapun menu yang disajikan semua akan terasa begitu lezat jika dinikmati di tempat seperti ini. Kenikmatan yang tidak akan diperoleh bahkan di hotel bintang lima sekalipun.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x