Kompas TV travel jelajah indonesia

PULAU PAGANG, SURGANYA SNORKELING

Jumat, 7 Februari 2020 | 15:05 WIB

PADANG, SUMATERA BARAT, KOMPASTV - Setelah melewati berbagai macam aktivitas dicoba ada saatnya saya untuk bersantai sejenak dan sedikit bermalas-malasan di salah satu pulau kecil yang letaknya tidak jauh dari Cubadak. Marco bercerita bahwa pulau yang akan kami tuju saat ini adalah pulau kecil yang tak berpenghuni namun kesenian dan kealamiannya mempunyai daya tarik yang luar biasa.

Hanya 15 menit dan kami pun sampai di Pulau Pagang, ternyata di sekitar Pulau Cubadak terdapat pulau pulau indah. Salah satunya Pulau Pagang cukup 20 menit dengan menggunakan speed boat. Di Pulau Pagang ini ditumbuhi banyak sekali pohon kelapa, bukan hanya karena merupakan tanaman khas daerah pantai akan tetapi hal ini berkaitan dengan sejarah Pulau Pagang.

Pada pasca kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, Pulau Pagang awalnya dijadikan tempat pembinaan bagi sebagian narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Muaro Padang. Taher Tenek yang sekarang telah almarhum ketika itu ditempatkan sebagai salah seorang pembinaan napi. Para napi diarahkan menanam bibit kelapa sebagai bekal keterampilan setelah masa hukuman yang habis. Setelah beberapa dasawarsa kemudian Lembaga Pemasyarakatan tidak lagi melakukan pembinaan di sini namun terus mengelola kebun kelapa ini hingga Pulau Pagang menjadi sebuah objek wisata yang menarik.

Jika kemarin saya sudah menjelajahi bangkai kapal kini, saya ingin menyapa warna-warni kehidupan laut. Airnya yang jernih membuat saya dapat melihat berbagai macam jenis ikan seperti clownfish yang biasanya sangat dikenal anak-anak karena sebuah film kartun yang membuat ikan menggemaskan ini begitu terkenal. Ada juga butterfly fish, pari totol biru, grouper fish yang berkelompok berenang kesana-kemari.

Tak terasa hari sudah semakin siang matahari pun semakin tinggi, santap siang pun sudah disiapkan. Apapun menu yang disajikan semua akan terasa begitu lezat jika dinikmati di tempat seperti ini. Kenikmatan yang tidak akan diperoleh bahkan di hotel bintang lima sekalipun.


 

Editor : Anas Surya



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pengukuhan Lima Pjs Bupati Walikota

Selasa, 29 September 2020 | 02:30 WIB
KOMPAS SPORT

Timnas U19 Menang 1-0 dari Dinamo Zagreb

Selasa, 29 September 2020 | 02:29 WIB
Berita Daerah

Personel Pengamanan Pjs Gubernur Sulut

Selasa, 29 September 2020 | 02:20 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
04:42
ANTISIPASI PENYAKIT RABIES, PEMPROV JATENG BERSAMA DINAS PETERNAKAN & KESEHATAN HEWAN SEDIAKAN 8.000 VAKSIN   KEMENTERIAN PUPR BANGUN 113 RUMAH TAK LAYAK HUNI WARGA BANTARAN SUNGAI LANGSA, ACEH   PEMPROV BANTEN SIAPKAN LAHAN SATU HEKTAR DI SAYAR, SERANG, UNTUK TEMPAT PEMAKAMAN KHUSUS COVID-19   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO DORONG PEMERINTAH BERKOMITMEN TUNTASKAN ENDEMIS RABIES DI 26 PROVINSI   KETUA SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT BERPERAN JADI PAHLAWAN KEMANUSIAAN   GUBERNUR RIAU MINTA PT HUTAMA KARYA PRIORITASKAN TEMPAT PERISTIRAHATAN DI TOL PEKANBARU-DUMAI DIKELOLA UMKM LOKAL   BAWASLU FOKUS AWASI KEGIATAN KAMPANYE DI MEDIA SOSIAL   KETUA BALEG DPR: PEMBAHASAN RUU CIPTA KERJA AKAN DILANJUTKAN DI TINGKAT TIM PERUMUS DAN SINKRONISASI   KETUA BALEG DPR: PEMBAHASAN "OMNIBUS LAW" RUU CIPTA KERJA DI TINGKAT PANITIA KERJA RAMPUNG   6 PEDAGANG POSITIF COVID-19, PASAR CIPLAK, JAKARTA SELATAN, DITUTUP SEMENTARA SELAMA 3 HARI   PEMKOT DAN DPRD KOTA BEKASI SUSUN PERDA SOAL COVID-19 UNTUK PERKUAT PENERAPAN SANKSI   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: SEKITAR 45 JUTA WARGA INDONESIA YAKIN TAK AKAN TERTULAR COVID-19   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO SEBUT TEMPAT TIDUR ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA TERSISA 3.750   SATGAS COVID-19 KEMBANGKAN MASKER KHUSUS UNTUK DAERAH ZONA MERAH