HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV travel jelajah indonesia

PULAU PAGANG, SURGANYA SNORKELING

Jumat, 7 Februari 2020 | 15:05 WIB

PADANG, SUMATERA BARAT, KOMPASTV - Setelah melewati berbagai macam aktivitas dicoba ada saatnya saya untuk bersantai sejenak dan sedikit bermalas-malasan di salah satu pulau kecil yang letaknya tidak jauh dari Cubadak. Marco bercerita bahwa pulau yang akan kami tuju saat ini adalah pulau kecil yang tak berpenghuni namun kesenian dan kealamiannya mempunyai daya tarik yang luar biasa.

Hanya 15 menit dan kami pun sampai di Pulau Pagang, ternyata di sekitar Pulau Cubadak terdapat pulau pulau indah. Salah satunya Pulau Pagang cukup 20 menit dengan menggunakan speed boat. Di Pulau Pagang ini ditumbuhi banyak sekali pohon kelapa, bukan hanya karena merupakan tanaman khas daerah pantai akan tetapi hal ini berkaitan dengan sejarah Pulau Pagang.

Pada pasca kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, Pulau Pagang awalnya dijadikan tempat pembinaan bagi sebagian narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Muaro Padang. Taher Tenek yang sekarang telah almarhum ketika itu ditempatkan sebagai salah seorang pembinaan napi. Para napi diarahkan menanam bibit kelapa sebagai bekal keterampilan setelah masa hukuman yang habis. Setelah beberapa dasawarsa kemudian Lembaga Pemasyarakatan tidak lagi melakukan pembinaan di sini namun terus mengelola kebun kelapa ini hingga Pulau Pagang menjadi sebuah objek wisata yang menarik.

Jika kemarin saya sudah menjelajahi bangkai kapal kini, saya ingin menyapa warna-warni kehidupan laut. Airnya yang jernih membuat saya dapat melihat berbagai macam jenis ikan seperti clownfish yang biasanya sangat dikenal anak-anak karena sebuah film kartun yang membuat ikan menggemaskan ini begitu terkenal. Ada juga butterfly fish, pari totol biru, grouper fish yang berkelompok berenang kesana-kemari.

Tak terasa hari sudah semakin siang matahari pun semakin tinggi, santap siang pun sudah disiapkan. Apapun menu yang disajikan semua akan terasa begitu lezat jika dinikmati di tempat seperti ini. Kenikmatan yang tidak akan diperoleh bahkan di hotel bintang lima sekalipun.


 

Penulis : Anas Surya



BERITA LAINNYA

Berita Daerah

Bebaskan Sungai Bedadung Dari Sampah

Sabtu, 22 Februari 2020 | 12:56 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
13:27
DUTA BESAR TIONGKOK UNTUK ASEAN DENG XIJUN TEGASKAN WABAH VIRUS KORONA TAK PENGARUHI HUBUNGAN TIONGKOK-ASEAN   KORSEL MENGONFIRMASI 142 KASUS BARU VIRUS KORONA SEHINGGA TOTAL 346 ORANG DI NEGERI GINSENG TERINFEKSI KORONA   KEMENKOMINFO MENJARING 119 KONTEN HOAKS ATAUPUN DISINFORMASI SOAL KORONA DARI 23 JANUARI-20 FEBRUARI 2020   KEMENKOMINFO MINTA MASYARAKAT BIJAK DALAM MEMILAH DAN MEMILIH INFORMASI SOAL VIRUS KORONA DI DUNIA MAYA   BUPATI SAMOSIR, SUMUT, OPTIMISTIS TARGET WISATAWAN 2020 TERPENUHI DI TENGAH WABAH VIRUS KORONA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO PASTIKAN PENGUNGSI KORBAN BANJIR DI DESA KOSAMBI, KUDUS, AMAN    KEMENDIKBUD: REVISI UU 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN SANGAT DIPERLUKAN   WAKIL PRESIDEN MA’RUF AMIN MINTA GURU BERADAPTASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0   PRESIDEN JOKO WIDODO: PERBAIKAN SARANA SEKOLAH PENTING UNTUK KEMBANGKAN SDM   MENTERI ERICK THOHIR SEBUT 130 BOS PERUSAHAAN BUMN MANGKIR DAN TAK SETORKAN RENCANA BISNIS 5 TAHUN KE DEPAN   BMKG PREDIKSI SEJUMLAH WILAYAH DI DKI JAKARTA AKAN MENGALAMI HUJAN LOKAL HARI INI   KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN: CUKAI MINUMAN BERPEMANIS TURUNKAN PERMINTAAN KARENA HARGA MAKIN MAHAL   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: KASUS JIWASRAYA TAK BOLEH DIBELOKKAN KE PERKARA PERDATA   KPK TEGASKAN PENGHENTIAN 36 KASUS DI TAHAP PENYELIDIKAN SUDAH SESUAI DENGAN UU