HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV travel jelajah indonesia

HIDEN PARADISE - CUBADAK BAG 2 - MISTERI KAPAL BOELONGAN NEDERLAND

Rabu, 5 Februari 2020 | 15:01 WIB

MISTERI KAPAL  BOELONGAN NEDERLAND

Dari pagi sekali sudah bersiap untuk melakukan penyelaman, cuaca yang cerah ini mudah-mudahan menjadi pertanda baik dalam misi saya untuk menyingkap misteri kapal Boelongan Nederland. Tak akan ada yang menyangka di balik matahari yang hangat air yang tenang udara yang menyejukkan tersimpan pengalaman baru yaitu menyusuri bangkai kapal yang tenggelam.

Ternyata bukan hanya saya yang tertarik untuk mengetahui peninggalan sejarah peperangan Indonesia. Dalam penyelaman kali ini saya tidak sendiri tetapi saya juga ditemani oleh wisatawan dari mancanegara. Mereka adalah pasangan dari Italia dan beberapa orang dari Inggris.

Kapal Boelongan Nederland dirancang pada tahun 1915 dengan tujuan sebagai Kapal transportasi kapal ini memiliki ukuran yang cukup besar beratnya mencapai 153 ton dengan dimensi atau ukuran 72,6 x 11,603 x 3,1 M dengan daya jelajahnya 750 bhp dan kecepatan 8,250 knot. Kapal ini bukan korban dari Peperangan antara Indonesia dan Belanda, tetapi akibat dari pertikaian antara Belanda dan Jepang yang saat itu menjadi sekutu Jerman.

Beberapa hari sebelum tenggelam nya kapal Boelongan Nederland terjadi peristiwa tragis yang melibatkan tawanan Jerman yang didalangi oleh Belanda, untuk membalaskan dendam atas kejadian tersebut maka pihak Jepang yang saat itu menjadi sekutu Jerman pada tanggal 28 Januari 1942 menemui kapal Boelongan Nederland di sekitar perairan Padang dan langsung membombardir kapal tersebut dari udara. Pada saat itu juga riwayat kapal Boelongan Nederland telah berakhir. 

Kapal Boelongan Nederland awalnya dirancang sebagai kapal kargo namun beralih fungsi sesaat sebelum kedatangan tentara Jepang. Kapal Boelongan Nederland sering terlihat di Bulungan sebagai Kapal transportasi pejabat kolonial waktu itu namun masuk dekade 1941. Kapal ini diketahui berada diluar Kalimantan hingga akhirnya diketahui kandas di perairan Sumatera Barat.

Editor : Anas Surya



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
21:25
PEMPROV BENGKULU BUAT APLIKASI E-NGADU UNTUK BERANTAS KORUPSI, IDENTITAS PELAPOR DIRAHASIAKAN   KPK MENGAPRESIASI PEMPROV JABAR DALAM MENETAPKAN DATA PENERIMA BANTUAN SOSIA TAHAP DUA   MENDESA ABDUL HALIM ISKANDAR MENYATAKAN 97 PERSEN DESA TELAH SALURKAN BLT DANA DESA   KEMENTERIAN PPPA: PAPARAN RADIKALISME DAN AJARAN TERORISME DAPAT MEMBUAT ANAK KELIRU PAHAMI AGAMA    KEMENKES: JUMLAH ANGGARAN INSENTIF TENAGA KESEHATAN SUDAH TEREALISASI SEBESAR RP 278 MILIAR    KEMENKES KLAIM TELAH MEMBERIKAN INSENTIF PADA 166.029 ORANG TENAGA KESEHATAN    DINKES JABAR MINTA ORANGTUA UTAMAKAN PENCEGAHAN KORONA TERHADAP ANAK SELAMA MASA "NEW NORMAL"   PSBB TRANSISI, PEMPROV DKI IZINKAN GELANGGANG REKREASI DAN OLAHRAGA BEROPERASI KEMBALI MULAI 12 JULI 2020   JAM OPERASIONAL TRANSPORTASI UMUM DI KOTA TANGERANG DIPERPANJANG DARI PUKUL 20.00 WIB MENJADI 22.00 WIB   HINGGA 8 JULI 2020, DINKES KOTA BEKASI MENYATAKAN DELAPAN RW MASIH BERADA DI ZONA MERAH KORONA   9 KARYAWAN POSITIF KORONA, PABRIK PENGOLAHAN KAYU DI PROBOLINGGO, JATIM, DITUTUP & 3.600 PEKERJA DIRUMAHKAN   PEMKOT JAKTIM AKAN TANDAI HEWAN KURBAN YANG TAK LAYAK DENGAN "PYLOX" WARNA MERAH   JELANG IDUL ADHA, PEMKOT JAKTIM IMBAU WARGA TAK POTONG HEWAN KURBAN DI WILAYAH ZONA MERAH KORONA   WAPRES MA'RUF AMIN NILAI PENDIDIKAN DARING SELAMA PANDEMI TAK OPTIMAL KARENA TERKENDALA JARINGAN INTERNET