HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV travel jelajah indonesia

HIDEN PARADISE - CUBADAK BAG 2 - MISTERI KAPAL BOELONGAN NEDERLAND

Rabu, 5 Februari 2020 | 15:01 WIB

MISTERI KAPAL  BOELONGAN NEDERLAND

Dari pagi sekali sudah bersiap untuk melakukan penyelaman, cuaca yang cerah ini mudah-mudahan menjadi pertanda baik dalam misi saya untuk menyingkap misteri kapal Boelongan Nederland. Tak akan ada yang menyangka di balik matahari yang hangat air yang tenang udara yang menyejukkan tersimpan pengalaman baru yaitu menyusuri bangkai kapal yang tenggelam.

Ternyata bukan hanya saya yang tertarik untuk mengetahui peninggalan sejarah peperangan Indonesia. Dalam penyelaman kali ini saya tidak sendiri tetapi saya juga ditemani oleh wisatawan dari mancanegara. Mereka adalah pasangan dari Italia dan beberapa orang dari Inggris.

Kapal Boelongan Nederland dirancang pada tahun 1915 dengan tujuan sebagai Kapal transportasi kapal ini memiliki ukuran yang cukup besar beratnya mencapai 153 ton dengan dimensi atau ukuran 72,6 x 11,603 x 3,1 M dengan daya jelajahnya 750 bhp dan kecepatan 8,250 knot. Kapal ini bukan korban dari Peperangan antara Indonesia dan Belanda, tetapi akibat dari pertikaian antara Belanda dan Jepang yang saat itu menjadi sekutu Jerman.

Beberapa hari sebelum tenggelam nya kapal Boelongan Nederland terjadi peristiwa tragis yang melibatkan tawanan Jerman yang didalangi oleh Belanda, untuk membalaskan dendam atas kejadian tersebut maka pihak Jepang yang saat itu menjadi sekutu Jerman pada tanggal 28 Januari 1942 menemui kapal Boelongan Nederland di sekitar perairan Padang dan langsung membombardir kapal tersebut dari udara. Pada saat itu juga riwayat kapal Boelongan Nederland telah berakhir. 

Kapal Boelongan Nederland awalnya dirancang sebagai kapal kargo namun beralih fungsi sesaat sebelum kedatangan tentara Jepang. Kapal Boelongan Nederland sering terlihat di Bulungan sebagai Kapal transportasi pejabat kolonial waktu itu namun masuk dekade 1941. Kapal ini diketahui berada diluar Kalimantan hingga akhirnya diketahui kandas di perairan Sumatera Barat.

Penulis : Anas Surya



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
07:06
DINILAI EFEKTIF CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA, KOREA SELATAN PERPANJANG MASA "SOCIAL DISTANCING" SELAMA DUA PEKAN   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: TIDAK ADA RENCANA PEMERINTAH BERI REMISI ATAU PEMBEBASAN BERSYARAT UNTUK KORUPTOR   PANDEMI KORONA, DINAS PARIWISATA PROVINSI BALI MENCATAT KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA ANJLOK SEKITAR 95 PERSEN   PEMPROV JATIM MENDAPATKAN SEBIDANG LAHAN DARI PERHUTANI UNTUK TEMPAT PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN POSITIF KORONA   CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA, MENKUMHAM YASONNA LAOLY BANTAH LOLOSKAN NARAPIDANA KORUPSI   MENKO POLHUKAM TEGASKAN 30.000 NARAPIDANA YANG DIBEBASKAN OLEH KEMENKUMHAM BUKAN NARAPIDANA KORUPSI   WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON SEBUT PANDEMI KORONA BUKAN ALASAN UNTUK PEMBEBASAN NARAPIDANA KORUPSI   WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON TOLAK PEMBEBASAN KORUPTOR DENGAN DALIH CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   MALAYSIA SIAPKAN PUSAT KARANTINA PASIEN VIRUS KORONA BERISIKO RENDAH DI MALAYSIA AGRO EXPOSITION PARK   LAPAS MADIUN, JAWA TIMUR, BEBASKAN 34 NARAPIDANA UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   POLRI: MASYARAKAT BERKUMPUL SAAT PANDEMI COVID-19 AKAN DIBUBARKAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN WAJIBKAN PENGGUNAAN MASKER KAIN KEPADA MASYARAKAT KETIKA BERAKTIVITAS DI LUAR RUMAH   BUPATI BOGOR ADE YASIN SEBUT PASIEN POSITIF KORONA PERTAMA DI KABUPATEN BOGOR SUDAH SEMBUH   ANGGOTA KOMISI IX DPR FRAKSI PAN SALEH DAULAY DESAK PEMERINTAH PUBLIKASIKAN PETA SEBARAN VIRUS KORONA