Kompas TV religi beranda islami

Nah Ini Dia, 3 Pendapat Kematian Abu Lahab yang Tragis

Senin, 3 Februari 2020 | 19:19 WIB
nah-ini-dia-3-pendapat-kematian-abu-lahab-yang-tragis
Lahab berarti api yang menyala-nyala. Sebutan itu disematkan ayahnya kepada Abu Lahab karena waktu kecil ia dikenal dari wajahnya yang tampak cerah (Gambar Ilustrasi) (foto: agung pribadi)

JAKARTA - Abu Lahab merupakan salah seorang paman Nabi Shalallaahu 'Alayhi Wasallam yang memiliki nama asli Abdul Uzza bin Abdul Mutholib. Lahab berarti 'yang menyala-nyala.' Sebutan itu disematkan karena waktu kecil dia dikenal dari wajahnya yang tampak cerah.

Allah SWT melaknat Abu Lahab karena perilakunya yang amat buruk terhadap Nabi. Namanya bahkan diabadikan dalam Al Quran melalui surah al-Lahab yang terdiri atas lima ayat.

 Ia memiliki sebuah rumah di kaki gunung yang kini dinamakan sesuai dengan namanya sendiri yakni Jabal Abu Lahab atau Gunung Abu Lahab.

Setelah mendengar kabar kekalahan kaum kafir Quraisy dalam perang Badar Al Kubro, tujuh hari kemudian Abu Lahab pergi ke Makkah Al Mukarromah dan meninggal dunia, kemudian dia dikuburkan di kaki gunung Jabal Abu Lahab. Istrinya yang bernama Arwa binti Harb bin Umayyah atau lebih dikenal sebagai Ummu Jamil juga di makamkan di kaki gunung ini bersama dengannya.

Kemudian ada tiga pendapat yang mengisahkan tentang kematian Abu Lahab,

Pertama disebutkan bahwa ia meninggal terjangkit penyakit kusta setelah mendengar kemenangan kaum Muslimin dalam perang Badar Al Qubro, disebutkan bahwa selama 3 hari mayat Abu Lahab tidak dimakamkan hingga membusuk. Tidak ada orang yang berani mendekat, hingga akhirnya bau busuk dari mayat Abu Lahab semakin menjadi, maka kaum Quraish menggalikan lubang kubur untuknya. Kemudian mayat Abu Lahab di dorong dengan sebilah kayu hingga masuk kedalam lubang itu. Dari jauh orang-orang Quraish melempari mayat Abu Lahab dengan batu hingga mereka yakin bahwa mayat Abu Lahab benar-benar telah tertutup rapat oleh timbunan batu.

Riwayat kedua menyebutkan penyebab penyakitnya karena hantaman Ummu Fadl yaitu Istri sayiddina Abbas yang marah karena sang budak, Abu Ro'fi dipukul Abu Lahab setelah gembira atas kemenangan Muslim. Ummu Fadl mencabut tiang kemahnya kemudian memukul kepala Abu Lahab seraya berkata : "Beraninya kamu memukul Abu Ro'fi saat majikannya tidak ada". Kepala Abu Lahab terluka parah dan bercucuran darah. Lantas ia pergi meninggalkan rumah saudaranya Abbas. Selang tujuh malam, luka parah itu kian membekas sampai ke otak hingga menyebabkan pembusukan

Editor : Agung Pribadi

1
2



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pengukuhan Lima Pjs Bupati Walikota

Selasa, 29 September 2020 | 02:30 WIB
KOMPAS SPORT

Timnas U19 Menang 1-0 dari Dinamo Zagreb

Selasa, 29 September 2020 | 02:29 WIB
Berita Daerah

Personel Pengamanan Pjs Gubernur Sulut

Selasa, 29 September 2020 | 02:20 WIB
Berita Daerah

Hadiah Juara Lomba Bantu Anak Sekolah

Selasa, 29 September 2020 | 02:15 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:41
ANTISIPASI PENYAKIT RABIES, PEMPROV JATENG BERSAMA DINAS PETERNAKAN & KESEHATAN HEWAN SEDIAKAN 8.000 VAKSIN   KEMENTERIAN PUPR BANGUN 113 RUMAH TAK LAYAK HUNI WARGA BANTARAN SUNGAI LANGSA, ACEH   PEMPROV BANTEN SIAPKAN LAHAN SATU HEKTAR DI SAYAR, SERANG, UNTUK TEMPAT PEMAKAMAN KHUSUS COVID-19   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO DORONG PEMERINTAH BERKOMITMEN TUNTASKAN ENDEMIS RABIES DI 26 PROVINSI   KETUA SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT BERPERAN JADI PAHLAWAN KEMANUSIAAN   GUBERNUR RIAU MINTA PT HUTAMA KARYA PRIORITASKAN TEMPAT PERISTIRAHATAN DI TOL PEKANBARU-DUMAI DIKELOLA UMKM LOKAL   BAWASLU FOKUS AWASI KEGIATAN KAMPANYE DI MEDIA SOSIAL   KETUA BALEG DPR: PEMBAHASAN RUU CIPTA KERJA AKAN DILANJUTKAN DI TINGKAT TIM PERUMUS DAN SINKRONISASI   KETUA BALEG DPR: PEMBAHASAN "OMNIBUS LAW" RUU CIPTA KERJA DI TINGKAT PANITIA KERJA RAMPUNG   6 PEDAGANG POSITIF COVID-19, PASAR CIPLAK, JAKARTA SELATAN, DITUTUP SEMENTARA SELAMA 3 HARI   PEMKOT DAN DPRD KOTA BEKASI SUSUN PERDA SOAL COVID-19 UNTUK PERKUAT PENERAPAN SANKSI   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: SEKITAR 45 JUTA WARGA INDONESIA YAKIN TAK AKAN TERTULAR COVID-19   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO SEBUT TEMPAT TIDUR ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA TERSISA 3.750   SATGAS COVID-19 KEMBANGKAN MASKER KHUSUS UNTUK DAERAH ZONA MERAH