Kompas TV regional berita daerah

Korban Banjir Bandang Bondowoso Mengungsi

Kompas.tv - 3 Februari 2020, 09:39 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BONDOWOSO, KOMPASTV - Korban banjir bandang di 2 desa, yakni Desa Sempolan Dan Kalisat Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso Jawa Timur mengangkut satu-persatu barang berharga untuk dibawa ke tempat yang lebih aman, yakni rumah saudara atau tetangga.

Mereka juga mengajak orang terdekat untuk mengungsi ke rumah sanak famili. Salah satunya adalah Aliyah, Warga Dusun Kampung Baru Desa Kalisat. Ia mengajak anak dan cucunya mengungsi ke rumah saudara. Hal ini dilakukan karena rumah mereka rusak dan tertutup material banjir bandang berupa kayu dan lumpur.   

Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebenarnya sudah menawarkan relokasi ke korban bencana banjir bandang, namun mereka menolak dan memilih tetap bertahan di tempat tinggal yang lama, meski ancaman banjir bandang susulan bisa terjadi kapanpun.

Kepala Dusun Kampung Baru, Hendri Rofiullah, menyatakan bahwa warga hanya meminta pemerintah meninggikan tanggul sungai agar air sungai tidak meluap ke permukiman warga.

Hendri Rofiullah juga menjelaskan jika banjir bandang bukan kali pertama terjadi, sebelumnya kawasan ini pernah disapu banjir bandang, namun kejadian kali ini yang terparah.

#BanjirBandang #IjenBondowoso #RaungBondowoso



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x