HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Kapasitas Maksimal dan Optimal Diberikan untuk Observasi WNI dari Wuhan

Minggu, 2 Februari 2020 | 22:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 238 Warga Negara Indonesia dari Wuhan China, kini sudah ditempatkan di hanggar pesawat Lanud TNI Raden Sadjad Ranai Natuna.

Mereka akan menjalani observasi selama 14 hari.

Tindakan apa saja yang akan dilakukan selama masa observasi ratusan WNI dari Wuhan?

Yang pertama kita tetap memperlakukan para WNI yang di evakuasi dari Wuhan sebagai orang sehat, karena mereka sudah melalui proses cek kesehatan sebelumnya. Mereka bukan tahanan, jadi mereka tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

Satu hal penting lainnya disamping virus Corona, yaitu faktor psikologis mereka yang mungkin merasa tertekan. Karena mereka selama ini merasa menjadi beban pikiran untuk keluarga mereka.

Hal-hal inilah yang juga harus menjadi perhatian.

Kemenkes mematuhi protokol yang sudah di tentukan, bahwa penyakit ini memiliki masa inkubasi selama 14 hari, yang berarti sejak masuknya virus ke dalam tubuh sampai timbulnya gejala adalah 1 sampai 14 hari.

Kemenkes meyakinkan jika dalam 14 hari tidak muncul gejala sama sekali, maka diyakini kalau mereka tidak mengidap virus corona ini.

Untuk lebih jelas nya simak sambungan skype dengan Sekretaris Setditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan - Dokter Achmad Yurianto, di Lanud TNI Raden Sadjad Ranai, Natuna dan Direktur Eijkman Institute For Molecular Biology - Prof Amin Soebandrio di Banda Aceh

Penulis : Dea Davina



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
04:42
PEMERINTAH TIONGKOK AKAN MENGUJI VAKSIN VIRUS KORONA KE HEWAN PADA AKHIR MEI 2020   ANGKA KEMATIAN AKIBAT KORONA DI ITALIA MENCAPAI 12.428 JIWA, TERTINGGI DI DUNIA   KOMITE OLIMPIADE TIONGKOK (COC) DUKUNG KEPUTUSAN PENUNDAAN OLIMPIADE TOKYO 2020 AKIBAT KORONA   NASIB F1 GP INGGRIS 2020 DI TENGAH PANDEMI KORONA AKAN DITENTUKAN PADA AKHIR APRIL 2020   PEMKAB PESISIR SELATAN, SUMBAR, BEBASKAN PAJAK HOTEL, RESTORAN, RUMAH MAKAN, DAN KAFE SELAMA 3 BULAN KARENA KORONA   MATAHARI DEPARTMENT STORE TUTUP SEMENTARA SEMUA GERAINYA HINGGA 13 APRIL 2020 AKIBAT ADANYA VIRUS KORONA   SATU KARYAWANNYA POSITIF TERJANGKIT KORONA, UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA TUTUP LAYANAN SEPEKAN   POLRESTABES MAKASSAR USUT PROVOKATOR PENOLAKAN PEMAKAMAN JENAZAH ANGGOTA DPRD SULAWESI SELATAN   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO MINTA MASYARAKAT TIDAK MENOLAK PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN KORONA   PEMPROV DIY TENGAH MENGGODOK BENTUK PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) DI TENGAH PANDEMI KORONA   PEMKOT YOGYAKARTA GANDENG PENGEMUDI OJEK "ONLINE" SALURKAN KEBUTUHAN POKOK WARGA SELAMA MASA DARURAT KORONA   PEMKOT BEKASI PERPANJANG MASA PENGHENTIAN SEMENTARA KEGIATAN PERKANTORAN HINGGA 14 APRIL 2020   PRESIDEN JOKOWI SEBUT RS DARURAT KORONA DI PULAU GALANG, BATAM, AKAN DIJADIKAN PUSAT RISET PENYAKIT MENULAR   KOMISI XI DPR SEGERA BAHAS PERPPU KEBIJAKAN KEUANGAN NEGARA DAN STABILITAS SISTEM KEUANGAN UNTUK PENANGANAN KORONA