Kompas TV nasional sapa indonesia

Kemenkes: Observasi Selama 14 Hari Mengikuti Masa Inkubasi Virus Corona

Kompas.tv - 2 Februari 2020, 22:15 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 238 Warga Negara Indonesia dari Wuhan China, kini sudah ditempatkan di hanggar pesawat Lanud TNI Raden Sadjad Ranai Natuna.

Mereka akan menjalani observasi selama 14 hari.

Tindakan apa saja yang akan dilakukan selama masa observasi ratusan WNI dari Wuhan?

Yang pertama kita tetap memperlakukan para WNI yang di evakuasi dari Wuhan sebagai orang sehat, karena mereka sudah melalui proses cek kesehatan sebelumnya. Mereka bukan tahanan, jadi mereka tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

Kemenkes mematuhi protokol yang sudah di tentukan, bahwa penyakit ini memiliki masa inkubasi selama 14 hari, yang berarti sejak masuknya virus ke dalam tubuh sampai timbulnya gejala adalah 1 sampai 14 hari.

Kemenkes meyakinkan jika dalam 14 hari tidak muncul gejala sama sekali, maka diyakini kalau mereka tidak mengidap virus corona ini.

Untuk lebih jelas nya simak sambungan skype dengan Sekretaris Setditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan - Dokter Achmad Yurianto, di Lanud TNI Raden Sadjad Ranai, Natuna dan Direktur Eijkman Institute For Molecular Biology - Prof Amin Soebandrio di Banda Aceh.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x