Kompas TV regional berita daerah

4 WNI Menolak Pulang dari Wuhan, 3 Orang Lainnya Tidak Sehat

Kompas.tv - 2 Februari 2020, 13:39 WIB
4-wni-menolak-pulang-dari-wuhan-3-orang-lainnya-tidak-sehat
Laporan Jurnalis Kompas TV, Riki Ramahdoni (kiri) di Natuna, Kepulauan Riau terkait 7 WNI yang tak pulang dari Wuhan, China. Proses evakuasi 238 WNI (kanan) tiba di Natuna, Kepri, Minggu (2/2/2020) (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Deni Muliya

NATUNA, KOMPASTV –Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China secara keseluruhan berjumlah 245 orang.

Baca Juga: Terima Kasih Rakyat Indonesia, 245 WNI dari Wuhan China Telah Pulang ke Tanah Air

Namun demikian, menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sebanyak 7 orang belum bisa dipulangkan.

Dari ketujuh orang itu, ternyata 4 orang menolak dievakuasi dari Wuhan ke Indonesia.

Sebagaimana dilaporkan Jurnalis Kompas TV, Riki Ramahdoni di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, alasan keempat WNI yang menolak dipulangkan dari Wuhan ke tanah air itu belum diketahui secara jelas.

Adapun 3 WNI lainnya yang tidak dapat dipulangkan dari Wuhan ke Indonesia karena saat diperiksa tubuhnya masih dalam keadaan tidak sehat.

Sehingga, baik pemerintah China maupun Indonesia meminta untuk tidak keluar Wuhan terlebih dahulu hingga dinyatakan sehat kembali.

Dengan demikian, yang telah berhasil dievakuasi dari Wuhan ke Indonesia melalui Bandara Hang Nadim Batam sebanyak 238 orang.

Mereka kini telah dibawa ke Pangkalan Militer TNI di Kabupaten Natuna yang memiliki fasilitas lengkap rumah sakit yang dikelola tim dokter dari tiga mantra (Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut) untuk menjalani transit observasi selama 14 hari.

Baca Juga: Tiba di Natuna, Ini dia Penanganan Khusus Bagi WNI

Mereka dipulangkan dengan pesawat berbadan lebar Airbus 330 milik Batik Air.

Pesawat tersebut bertolak dari Wuhan pada pukul 04.45 waktu setempat.

Pesawat tiba di  Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, 30 Kepulauan Riau pada pukul 08.35 WIB.

Sebelum berangkat dari Bandar Udara Internasional Wuhan, para penumpang ini diperiksa kembali kondisi kesehatannya. (Riki)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x