Kompas TV nasional kompas pagi

Memasuki Bulan Februari, Ini Dia Prediksi Cuaca dari BMKG

Kompas.tv - 1 Februari 2020, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem masih akan terus terjadi di awal bulan Februari ini. BMKG pun mengimbau kepada warga untuk selalu siap siaga menghadapi hujan deras yang akan berpotensi banjir khususnya di wilayah Sumatera dan Jawa. 

Kepala Sub Direktorat Peringatan Dini dan Iklim BMKG, Supari menyebutkan jikajelang awal Februari hampir seluruh wilayah di Indonesia memasuki musim hujan. Bahkan, hujan ekstrem diprediksi terjadi di wilayah Sumatera bagian selatan hingga Pulau Jawa.

Selain itu, gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di wilayah Natuna dan bagian selatan Samudera Hindia yakni di sekitar wilayah selatan Pulau Jawa.

Oleh karena itu, warga dihimbau untuk siaga akan terjadinya banjir maupun banjir rob dan tetap mengantisipasi cuaca ekstrem dengan mengurangi aktivitas di luar ruangan serta memperbaiki saluran pembuangan air untuk mengurangi risiko banjir. 

Baca Juga: BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Sampai 5 Februari
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.