Kompas TV nasional berita kompas tv

Virus Corona, WNI di Wuhan Dievakuasi Menuju Bandara Hang Nadim, Batam

Kompas.tv - 1 Februari 2020, 09:53 WIB
virus-corona-wni-di-wuhan-dievakuasi-menuju-bandara-hang-nadim-batam
Bandara Hang Nadim Batam Dipersiapkan Jelang Evakuasi WNI di Wuhan (Sumber: KOMPAS.COM/HADI MAULANA)

BATAM, KOMPAS.TV - Kementrian Luar Negeri berencana menjadikan Batam, Kepulauan Riau sebagai salah satu daerah alternatif kepulangan 243 WNI dari Wuhan, China.

Rencana ini diketahui dari surat permohonan izin prinsip charter flight yang diajukan Batik Air kepada Dirjen Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan RI, agar menerbitan izin prinsip untuk rute penerbangan maskapai tersebut.

Dalam surat itu, pesawat berbadan lebar yang dipesan Kementrian Luar Negeri akan terbang ke Wuhan melalui Bandara Soekarno Hatta, Jakarta pada Sabtu (1/2/2020) yang terbang sekitar pukul 12.00 WIB.

Kemudian dari Wuhan, pesawat charter hanya bertahan lebih kurang 1 jam dan langsung terbang ke Bandara Hang Nadim, Batam.

Hanya saja belum diketahui secara pasti, setelah tiba di Batam, apakah 243 WNI tersebut akan dikarantina di Batam atau daerah lainnya.

Direktur BUBU Bandara Internasional Hang Nadim, Suwarso membenarkan atas jadwal penerbangan tersebut, hanya saja dirinya belum mendapatkan kepastian dari pemerintah setelah tiba di Batam, 243 WNI akan dikarantina dimana.

Suwarso mengaku dari surat yang dikeluarkan Batik Air diperkirakan pesawat tersebut tiba di Batam Sabtu (1/2/2020) malam.

Untuk persiapan sendiri, Suwarso mengaku tidak ada yang spesial, sebab sejak diumumkannya waspada virus corona, Bandara Hang Nadim sudah melakukan persiapan seperti memasang alat pendeteksi suhu tubuh.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x