HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Persiapan Evakuasi WNI dari China: Pesawat Oke, Bandara Kedatangan Belum

Jumat, 31 Januari 2020 | 20:56 WIB
persiapan-evakuasi-wni-dari-china-pesawat-oke-bandara-kedatangan-belum
Presiden Joko Widodo memberi keterangan usai meresmikan Underpass New Yogyakarta International Airport (NYIA), Jumat (31/1/2020). (Sumber: KOMPASTV)

JAKARTA, KOMPASTV - Pemerintah belum menunjuk bandara kedatangan yang menjadi tempat pendaratan pesawat evakuasi WNI dari China.

Sejauh ini, pemerintah baru mengumumkan pesawat penjemput berjenis pesawat berbadan lebar dan akan diterbangkan ke China dalam kurun waktu kurang dari 24 jam pada Jumat (31/1/2020).

Presiden Joko Widodo menjelaskan, pesawat yang akan dikirim bisa dari TNI bisa juga pesawat komersil. Menurut Jokowi, keduanya sudah menyiagakan pesawat untuk diterbangkan ke China.

Baca Juga: WHO Umumkan Darurat Corona, Jokowi: Keputusan Evakuasi WNI dari China Sudah Betul

Namun untuk bandara kedatangan pemerintah belum ditetapkan, sebab akan berpengaruh terhadap proses karantina WNI.

"(Pesawat) ini masih ada pilihan-pilihan, TNI siap, komersil siap, karena kita tergantung otoritas di Wuhan. (Bandara) Belum, nanti hanya satu bandara, kemudian disatukan dulu kemudian nanti ada observasi," ujar Jokowi usai meresmikan underpass New Yogyakarta International Airport (NYIA), Jumat (31/1/2020)

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi KBRI Beijing sudah berkoodinasi dengan pemerintah China untuk melakukan evakuasi WNI dari Provinsi Hubei. Pemerintah juga mengapresiasi kerja sama yang diberikan pemerintah China dalam proses evakuasi WNI.

Penulis : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
02:37
PEMERINTAH TIONGKOK AKAN MENGUJI VAKSIN VIRUS KORONA KE HEWAN PADA AKHIR MEI 2020   ANGKA KEMATIAN AKIBAT KORONA DI ITALIA MENCAPAI 12.428 JIWA, TERTINGGI DI DUNIA   KOMITE OLIMPIADE TIONGKOK (COC) DUKUNG KEPUTUSAN PENUNDAAN OLIMPIADE TOKYO 2020 AKIBAT KORONA   NASIB F1 GP INGGRIS 2020 DI TENGAH PANDEMI KORONA AKAN DITENTUKAN PADA AKHIR APRIL 2020   PEMKAB PESISIR SELATAN, SUMBAR, BEBASKAN PAJAK HOTEL, RESTORAN, RUMAH MAKAN, DAN KAFE SELAMA 3 BULAN KARENA KORONA   MATAHARI DEPARTMENT STORE TUTUP SEMENTARA SEMUA GERAINYA HINGGA 13 APRIL 2020 AKIBAT ADANYA VIRUS KORONA   SATU KARYAWANNYA POSITIF TERJANGKIT KORONA, UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA TUTUP LAYANAN SEPEKAN   POLRESTABES MAKASSAR USUT PROVOKATOR PENOLAKAN PEMAKAMAN JENAZAH ANGGOTA DPRD SULAWESI SELATAN   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO MINTA MASYARAKAT TIDAK MENOLAK PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN KORONA   PEMPROV DIY TENGAH MENGGODOK BENTUK PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) DI TENGAH PANDEMI KORONA   PEMKOT YOGYAKARTA GANDENG PENGEMUDI OJEK "ONLINE" SALURKAN KEBUTUHAN POKOK WARGA SELAMA MASA DARURAT KORONA   PEMKOT BEKASI PERPANJANG MASA PENGHENTIAN SEMENTARA KEGIATAN PERKANTORAN HINGGA 14 APRIL 2020   PRESIDEN JOKOWI SEBUT RS DARURAT KORONA DI PULAU GALANG, BATAM, AKAN DIJADIKAN PUSAT RISET PENYAKIT MENULAR   KOMISI XI DPR SEGERA BAHAS PERPPU KEBIJAKAN KEUANGAN NEGARA DAN STABILITAS SISTEM KEUANGAN UNTUK PENANGANAN KORONA