Kompas TV video klinik kilat

Yakin Masih Pakai Vape? - KLINIK KILAT

Kompas.tv - 1 Februari 2020, 06:00 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPASTV -  Sudah pernah dengar EVALI? Evali adalah E-Cigarette Vaping Product Use Associated Lung Injury. Istilah ini adalah kondisi cedera paru akibat rokok elektrik atau vape. Dikutip dari Kompas.com seorang remaja berusia 15 tahun di Texas dilaporkan meninggal dunia lantaran cedera paru-paru akibat penggunaan rokok elektrik. 

Kondisi cedera paru yang dimaksud mirip dengan pneumonia atau sakit paru seperti para perokok konvensional. Misalnya seperti sesak nafas mendadak, nyeri dada, batuk, demam. 

Menurut data Riskesdas atau Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, mencatat pengguna terbanyak adalah kelompok usia 10-14 tahun sebanyak 10,6 persen. Kelompok usia 15-19 tahun sebanyak 10,5 persen. Kelompok usia 20-24 tahun 7 persen dan 12,1 persen terbanyak pada kelompok usia sekolah.

Berikut Kandungan yang ada dalam liquid vape:

  1. Perisa
  2. Propylene glycol
  3. Vegetable gliserine - uap
  4. Nicotine

Menurut dokter spesialis paru, Andy Nazaruddin dari Mayapada Hospital Tangerang mengatakan rokok elektrik dan rokok konvensional sama-sama berbahaya. Keduanya merusak fungsi paru, sehingga bisa berdampak pada turunnya daya nafas, infeksi pernapasan, Ispa, TBC, hingga kanker paru. Biasanya ada pengguna vape yang sengaja mencampurkan cairan tertentu seperti narkoba, THC atauTetrahydrocannabinol sehingga berdampak buruk.

Simak ulasan singkatnya ya dalam klinik kilat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x