Kompas TV nasional berita kompas tv

WNI Di Hubei Dijemput Pesawat Badan Lebar, Ini Jenisnya

Kompas.tv - 31 Januari 2020, 18:13 WIB
wni-di-hubei-dijemput-pesawat-badan-lebar-ini-jenisnya
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Jumat 31 Januari 2020 (Sumber: KompasTV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Pemerintah menerbangkan pesawat berbadan lebar untuk menjemput WNI yang ada di Provinsi Hubei, China.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan digunakannya pesawat berbadan lebar agar seluruh WNI yang bersedia dievakuasi dapat ditampung seluruhnya dan dapat diterbangkan secara langsung tanpa melalui transit.

"Siang ini saya telah melakukan pembicaraan dengan tim aju kita dari KBRI Beijing yang saat ini telah memasuki Provinsi Hubai," ujar Retno dalam jumpa pers di kantor Kemlu, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Baca Juga: Korban Jiwa Virus Corona Tembus 212 Orang

Retno menambahkan, pesawat penjemput bersama dengan tim akan berangkat dalam waktu 1x24 jam. Di sisi lain tim dari KBRI Beijing juga mempersiapkan evakuasi WNI yang tersebar di tujuh titik di Provinsi Hubei ke tempat penjemputan, yakni Bandara di Wuhan. 

KBRI juga telah meminta para WNI di Hubei untuk menyiapkan dokumen perjalanan dan administratif lainnya. Total, ada 243 WNI yang ada di Provinsi Hubei. 

"Persiapan di beberapa titik di provinsi Hubei, terutama di Wuhan, saat ini terus berjalan," ujar Retno.


Jenis Pesawat Berbadan Lebar

Pesawat Garuda Indonesia dengan tipe 747 (Sumber: Wikipedia)

Dalam jumpa pers, Retno tidak menjelaskan pesawat yang akan ditumpagi WNI dari China milik TNI atau komersil dan jumlah yang dikirim. Namun, sebelum proses penjemputan TNI AU sudah menyiapkan tiga pesawat untuk evakuasi WNI, yakni dua pesawat Boeing 737 dan satu C130 Hercules.

Baca Juga: Malaysia Sudah Terjangkit, PLBN di Kalimantan Ikut Waspada Penyebaran Virus Corona

Boeing 737 diketahui bukan kategori pesawat berbadan lebar, melainkan pesawat berbadan sempit. Sementara Hercules C 130 merupakan pesawat angkut militer yang memiliki ciri-ciri umum berkapasitas 92 penumpang, 74 alat pengangut pasien dengan dua tenaga kesehatan.

Adapun jenis pesawat berbadan lebar yakni, Boeing 747, 767, 777 dan 787. Di Airbush ada A300, A310, A330, A340, A350, A380. 

Tipe umum pesawat ini memiliki lorong ganda dan jumlah tempat duduk tujuh sampai 10 dalam satu deret. Pesawat tipe ini bisa mengangkut 200 hingga 600 penumpang. Untuk pesawat berbadan sempit seperti Boeing 737 hanya mampu menampung 280 orang. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x