Kompas TV TALKSHOW satu meja

Omnibus Law Tertutup? Jujur Dong! | 100 Hari Politik Bongkar ala Jokowi - SATU MEJA THE FORUM (Bag4)

Kompas.tv - 30 Januari 2020, 23:32 WIB

Pembahasan omnibus law yang digadang-gadang Jokowi, tak kunjung muncul di ruang publik. Ketua YLBHI Asfinawati, menilai pemerintah menutupi draf omnibus law.

Pemerintahan Joko Widodo – Ma’ruf Amin telah berjalan seratus hari sejak pasangan ini dilantik pada 20 Oktober 2019 lalu. Berbeda dengan periode pertamanya, Jokowi tidak memasang target seratus hari di periode kedua. Meski demikian, langkah politik Jokowi penuh kejutan sepanjang tiga bulan pertama.

Dimulai dengan merangkul rival kontestasi pilpres, Prabowo Subianto, dan motor oposisi, Partai Gerindra, ke dalam pemerintahan. Hal ini seakan membongkar (dekonstruksi) fatsun politik. Kesakralan sejumlah posisi di kabinet dan lingkar istana juga dibongkar. Jokowi menunjuk CEO Gojek Nadiem Makarim (35 tahun) sebagai Mendikbud.

Posisi staf khusus yang biasanya diisi figur-figur senior, diserahkan kepada para milenial. Di bidang hukum, Jokowi membongkar independensi KPK dengan memasukkan dewan pengawas. Desentralisasi peraturan dibongkar melalui omnibus law. Sementara rencana relokasi Ibu Kota berlangsung seketika, seakan ingin membongkar kompleksitas pemindahan Ibu Kota Negara. Lantas, apa yang diinginkan Jokowi dengan berbagai politik dekonstruksi di awal periode keduanya?

 

#SatuMeja #Jokowi #100HariKerjaJokowi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x