Kompas TV nasional kompas siang

Pemerintah Menyiapkan Skema Evakuasi, Untuk Membawa Pulang WNI di Tiongkok

Kompas.tv - 29 Januari 2020, 13:07 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ratusan warga negara Indonesia, masih terjebak di Wuhan. 
Meski seluruh warga negara Indonesia di tiongkok masih dinyatakan sehat dan tidak terinfeksi virus Corona baru, pemerintah Indonesia tetap menyiapkan skema evakuasi.

Skema ini disiapkan sebagai antisipasi, dan hanya akan diterapkan jika situasi di Tiongkok dinilai sudah tidak dapat diatasi.

Cemas, dan khawatir.

Perasaan itulah yang dirasakan pasangan suami istri, asal Desa Kebonsari Lumajang, ini, hampir setiap hari.

Memikirkan putri semata wayang mereka, Isma Nur Fadila, mahasiswa yang kuliah di Tiongkok, dan belum bisa pulang ke Tanah Air.

Tak ada harapan lain, selain kepulangan anak mereka ke Tanah Air, di tengah ancaman virus Corona baru, yang meluas dengan cepat.

Mereka yang senasib dengan Isma, tak sendiri.

Masih banyak mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Tiongkok, tak bisa pulang, karena pemerintah Tiongkok masih mengisolasi Wuhan,dan sejumlah kota lainnya.

Sebenarnya, pemerintah Indonesia juga tak tinggal diam, agar bisa memulangkan warganya dari wilayah  pusat wabah, selain membantu logistik, masker, dan kebutuhan sehari-hari.

Skema evakuasi disiapkan, sebagai antisipasi, dan akan diterapkan jika situasi di Tiongkok dinilai sudah tidak dapat diatasi.

Selain skema evakuasi yang juga harus dibahas bersama pemerintah Tiongkok, pemerintah juga akan memberlakukan karantina selama 14 hari sebelum dan 14 hari setelah evakuasi sebagai jaminan pencegahan penyebaran wabah.

Pemerintah pun mengklaim sudah menyiapkan tempat untuk skema ini, termasuk memodifikasi fasilitas rumah sakit.

Hingga rabu, 29 Januari pukul 6 pagi, data terakhir lebih dari 5.500 orang positif terinfeksi virus Corona baru, dan 131 diantaranya meninggal dunia. 

Namun, ada 107 orang yang dinyatakan sembuh.

Pemerintah Tiongkok pun masih melakukan isolasi di sejumlah kota, dan membatasi perjalanan bagi warganya, untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Corona baru.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x