HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas pagi

Menkominfo Imbau Masyarakat Untuk Cerdas dalam Menanggapi Virus Corona

Rabu, 29 Januari 2020 | 07:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate meminta masyarakat untuk secara cerdas menyaring informasi terkait Virus Corona, sebelum diterima  ataupun disebarkan kembali.

Karena sudah ada hoax dan disinformasi, yang tersebar di media sosial.

Menurutnya, wabah Virus Corona ini murni masalah kesehatan, sehingga jangan sampai dikaitkan dengan isu lain seperti ekonomi hingga politik.

Terkait informasi valid menyoal penyebaran dan antisipasi, Johnny meminta masyarakat untuk mengacu pada informasi yang disebarkan oleh institusi resmi pemerintah, untuk menghindari hoax alias berita bohong dan disinformasi.

Sementara itu, meski telah menerbitkan travel warning, atau peringatan kunjungan ke Tiongkok, pemerintah belum sepenuhnya menutup akses turis asal Tiongkok ke Indonesia.

Menteri Pariwisata, Wishnutama Kusubandio, menyatakan pihaknya tidak sepenuhnya melarang turis asal Tiongkok berkunjung ke Indonesia, kecuali turis yang merupakan warga Provinsi Hubei dan Kota Wuhan.

Kementerian Pariwisata tetap akan memantau arus kedatangan turis mancanegara di pintu masuk kedatangan negara.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, guna mencegah penyebaran Virus Corona ke Indonesia.

Dalam rapat koordinasi tingkat menteri di kementerian koordinator bidang pemberdayaan manusia dan kebudayaan Selasa siang, Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menyebut belum berencana menambah rumah sakit rujukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Penulis : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
12:34
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB    PROMO 4 TAHUN SEKALI! DISKON 50 PERSEN BELANJA DI GERAI.KOMPAS.ID. AKSESKLIK.KOMPAS.ID/KABISAT 2020   SEORANG WARGA BELANDA TERINFEKSI VIRUS KORONA SETELAH MELAKUKAN PERJALANAN KE ITALIA   KOREA SELATAN DARURAT KORONA, PEMERINTAH INDONESIA BUKA POS UNTUK WNI DI DAEGU   POLRES JOMBANG UNGKAP KASUS PENIPUAN DENGAN BARANG BUKTI PULUHAN KENDARAAN BERMOTOR   KETUA KPU ARIEF BUDIMAN PENUHI PANGGILAN KPK TERKAIT KASUS DUGAAN SUAP PAW DPR   KALAPAS KELAS II TANGERANG SEBUT MAYORITAS WARGA BINAANNYA TERKAIT DENGAN KASUS NARKOBA   PN JAKARTA UTARA HUKUM MATI DUA WARGA MALAYSIA YANG TERBUKTI IMPOR 30 KILOGRAM SABU KE INDONESIA   KEMENTERIAN BUMN KELOLA TAMBANG BATU BARA MILIK TERSANGKA KASUS JIWASRAYA HERU HIDAYAT YANG DISITA KEJAGUNG   MENTERI LHK SITI NURBAYA MINTA JAJARAN KEMENTERIANNYA BAIK DI PUSAT DAN DAERAH SOLID UNTUK BEKERJA SAMA   KORBAN MENINGGAL AKIBAT TERINFEKSI VIRUS KORONA DI SELURUH DUNIA HINGGA HARI INI MENCAPAI 2.858 ORANG   ARAB SAUDI TUTUP AKSES PENYEBARAN VIRUS KORONA, PULUHAN JEMAAH UMRAH INDONESIA TERTAHAN DI MALAYSIA   ANGGOTA KOMISI VIII DPR DIAH PITALOKA MINTA PEMERINTAH SOSIALISASIKAN PENANGGUHAN KEBERANGKATAN JEMAAH UMRAH