Kompas TV nasional kompas pagi

Menkominfo Imbau Masyarakat Untuk Cerdas dalam Menanggapi Virus Corona

Kompas.tv - 29 Januari 2020, 07:58 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate meminta masyarakat untuk secara cerdas menyaring informasi terkait Virus Corona, sebelum diterima  ataupun disebarkan kembali.

Karena sudah ada hoax dan disinformasi, yang tersebar di media sosial.

Menurutnya, wabah Virus Corona ini murni masalah kesehatan, sehingga jangan sampai dikaitkan dengan isu lain seperti ekonomi hingga politik.

Terkait informasi valid menyoal penyebaran dan antisipasi, Johnny meminta masyarakat untuk mengacu pada informasi yang disebarkan oleh institusi resmi pemerintah, untuk menghindari hoax alias berita bohong dan disinformasi.

Sementara itu, meski telah menerbitkan travel warning, atau peringatan kunjungan ke Tiongkok, pemerintah belum sepenuhnya menutup akses turis asal Tiongkok ke Indonesia.

Menteri Pariwisata, Wishnutama Kusubandio, menyatakan pihaknya tidak sepenuhnya melarang turis asal Tiongkok berkunjung ke Indonesia, kecuali turis yang merupakan warga Provinsi Hubei dan Kota Wuhan.

Kementerian Pariwisata tetap akan memantau arus kedatangan turis mancanegara di pintu masuk kedatangan negara.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, guna mencegah penyebaran Virus Corona ke Indonesia.

Dalam rapat koordinasi tingkat menteri di kementerian koordinator bidang pemberdayaan manusia dan kebudayaan Selasa siang, Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menyebut belum berencana menambah rumah sakit rujukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x