Kompas TV nasional sapa indonesia

Masih Banyak "Catatan Merah" di 100 Hari Kerja Jokowi-Ma'ruf

Kompas.tv - 28 Januari 2020, 18:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejak dilantik 20 Oktober 2019 lalu, Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin kini telah berlangsung selama 100 hari.

Sejumlah catatan pun mewarnai periode Jilid 2 Presiden Jokowi.

Empat hari setelah dilantik sebagai Presiden RI Periode 2019-2024, Jokowi mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju dengan komposisi kalangan profesional dan kader partai yang hampir seimbang yakni 21 orang profesional dan 17 kader parpol.

Uniknya, Kabinet Indonesia Maju ini memiliki beberapa kejutan. Di antara nama-nama Menteri yang mengisi kabinet tersebut, yang menarik adalah nama Mahfud MD yang dilantik sebagai Menko Polhukam. Sebelumnya, Mahfud MD sempat digadang-gadang menjadi Bakal Calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Jokowi, namun namanya kandas jelang pendaftaran dan digantikan Maruf Amin.  

Selain itu, ada pula nama Prabowo Subianto, mantan rival Jokowi selama 2 Periode, yang kemudian dirangkul dan ditunjuk menjadi Menteri Pertahanan.

Selain itu, sejumlah nama pimpinan parpol dalam Kabinet Jokowi, seperti Airlangga Hartarto, Suharso Monoarfa dan Prabowo Subianto sendiri juga menjadi sorotan, karena khawatir menimbulkan konflik kepentingan.

Sejumlah catatan penting mewarnai 100 hari pemerintahan Jokowi Jilid 2 ini. Sebagian di antaranya sarat dengan gebrakan, namun sebagian lainnya masih banyak dipenuhi kontroversi.

Baca Juga: 100 Hari Kerja Kabinet indonesia Maju, Apa Saja "PR" Yang Belum Direalisasikan?

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.