Kompas TV regional berita daerah

Tim Peneliti Pernah Temukan Virus Corona pada Kelelawar di Gorontalo

Kompas.tv - 28 Januari 2020, 16:19 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS.TV - Salah satu tim peneliti dari Universitas Negeri Gorontalo menemukan hewan endemik kelelawar di Desa Olibu, Kecamatan Paguyaman Pantai, Kabupaten Boalemo, Gorontalo positif mengandung virus corona.

Penemuan virus corona pada hewan kelelawar ini adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Negeri Gorontalo, Ecohealth Organisasi, Feredrik Indonesia, Usaid dan Institut Pertanian Bogor pada tahun 2009 hingga tahun 2013 silam.

Dalam penelitian tersebut, tim peneliti mengambil 95 sample dari hewan kelelawar.

Baca Juga: Selain Virus Corona, Ini Penyakit yang Ditularkan Kelelawar

Tim peneliti Feredrik Indonesia, Safrianto Dako mengatakan, dari hasil penelitian, tim menemukan 24 hewan endemik kelelawar yang bermukim di Desa Olibu di Kabupaten Boalemo, Gorontalo positif mengandung virus corona dan telah dipublikasikan di jurnal internasional.

Virus corona yang ditemukan pada kelelawar terdapat pada saluran pencernaan, saluran pernafasan dan air liur hewan kelelawar.

Tim peneliti juga menyebut virus corona yang mewabah di Wuhan, China memiliki kesamaan dengan virus corona yang ditemukan oleh tim penelitian di Desa Olibu, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

Baca Juga: Penjualan Kelelawar di Solo Tak Terpengaruh Maraknya Wabah Virus Corona

#Viruscorona #kelelawar #Gorontalo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x