HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas siang

Ketua DPRD DKI Sidak Proyek Revitalisasi Monas dan Temukan Ketidaksesuaian

Selasa, 28 Januari 2020 | 13:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menanggapi rencana revitalisasi Monas, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, melakukan inspeksi mendadak ke lokasi proyek.

Dalam sidaknya, Ketua DPRD DKI menemukan ketidaksesuaian pengerjaan proyek revitalisasi, seperti tidak adanya resapan air dan masalah penebangan pohon di area monas.

Proyek revitalisasi Monas ternyata belum mengantongi izin dari Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka, Jakarta.

Baca Juga: Mensesneg Surati Pemprov DKI untuk Hentikan Revitalisasi Monas

Terkait hal ini, Mensesneg pun meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menghentikan proyek revitalisasi kawasan Monas.

Membahas revitalisasi kawasan Monumen Nasional (Monas), Kementerian Sekretariat Negara menggelar rapat internal bersama dengan lima kementerian yang berada di dalam Komisi Pengarah.

Dalam rapat ini, Kementerian Sekretariat Negara juga mengundang kalangan profesional ahli tata kota.

Usai menggelar rapat dan meminta pandangan serta masukan, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, menyebut proyek revitalisasi Monas diminta untuk dihentikan.

Menurut Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 1995, badan pelaksana, dalam hal ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, harus meminta izin dan memperoleh persetujuan dari Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka untuk melakukan revitalisasi di dalam kawasan Monas.

Sementara ahli tata kota Yayat Supriatna mengatakan, rapat fokus menindaklanjuti dan mencari solusi dari rencana revitalisasi Monas yang tengah dilakukan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani juga secara tegas meminta agar keberadaan Monas dimaksimalkan sebagai ikon Indonesia, bukan hanya ikon kota Jakarta.

Baca Juga: Revitalisasi Belum Berizin, Ketua DPR Minta Monas Dikembalikan Seperti Semula

Puan juga meminta agar Pemprov DKI Jakarta tidak mengubah Monas, melainkan mengembalikan Monas seperti aslinya.

Penulis : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
07:38
PRESIDEN TIONGKOK XI JINPING: REPUBLIK RAKYAT TIONGKOK MASIH DALAM TAHAP GENTING PERANGI WABAH VIRUS KORONA   KEMENTERIAN KESEHATAN SINGAPURA: HINGGA 23 FEBRUARI 2020, 89 ORANG TERJANGKIT VIRUS KORONA DI SINGAPURA   AFGHANISTAN TANGGUHKAN PERJALANAN WARGANYA KE IRAN MELALUI PERBATASAN UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   PAKISTAN TUTUP PERBATASAN DARAT DENGAN IRAN SETELAH 8 WARGA IRAN MENINGGAL DUNIA AKIBAT KORONA   TURNAMEN BULU TANGKIS ITALIAN JUNIOR 2020 YANG DIGELAR DI MILAN TERPAKSA DIHENTIKAN AKIBAT VIRUS KORONA   PERTANDINGAN INTER MILAN MELAWAN LUDOGORETS DI ITALIA PADA BABAK 32 BESAR LIGA EROPA TERANCAM BATAL KARENA KORONA   AS ROMA KALAHKAN LECCE DENGAN SKOR TELAK 4-0 DALAM LAGA SERIE A YANG DIGELAR DI OLIMPICO, ROMA   ARSENAL MENANG DENGAN SKOR TIPIS 3-2 ATAS EVERTON DALAM PERTANDINGAN SEPAK BOLA LIGA INGGRIS   DERMAGA KAPAL CEPAT DI PELABUHAN BALOHAN, SABANG, ROBOH AKIBAT DITERJANG OMBAK SAAT CUACA BURUK   DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA DEPOK AKAN MEMBANGUN MAL PELAYANAN PUBLIK PADA 2021   KEMENDAGRI MINTA PEMDA ALOKASIKAN APBD YANG KHUSUS DIGUNAKAN UNTUK PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DAERAH   KETUA DPRD DKI PRASETYO EDI MARSUDI MENUDING PROYEK PELEBARAN TROTOAR OLEH GUBERNUR ANIES JADI PENYEBAB BANJIR   BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN TERORISME (BNPT): GENERASI MUDA DAN KAUM PEREMPUAN RENTAN TERPAPAR RADIKALISME   KOMISI III DPR TUNGGU LAPORAN KPK SOAL PENGHENTIAN 36 PERKARA DI TAHAP PENYELIDIKAN