Kompas TV regional berita daerah

Bupati Faida Bertemu Warga Jember Di Papua

Selasa, 28 Januari 2020 | 09:06 WIB

MIMIKA DAN JAYAPURA, KOMPASTV – Bupati Jember, dr, Hj. Faida, MMR, berkunjung ke Warga asal Jember yang saat ini tinggal di tiga daerah di Papua, yakni Kabupaten Mimika, Kabupaten/Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom. Dalam kunjungannya, Bupati berpesan agar warga asal jember yang tinggal di papua tetap menjaga seni budaya Jember dan membantu pemerintah setempat mendata warga jember yang sedang belajar di Papua untuk mendapatkan beasiswa dari Pemkab Jember.

Kunjungan Bupati Jember, Faida, ke Papua, diawali dengan melantik pengurus Paguyuban Keluarga Jember Mimika (PKJM) dan meresmikan sekretariat PKJM di Kabupaten Mimika pada sabtu (25/01/2020). Lalu dilanjutkan dengan dialog bersama warga kabupaten/Kota Jayapura dan kabupaten Keerom asal Jember di Aula LPTQ Kota Jayapura pada Minggu (26/01/2020). 

Pada kesempatan ini, Bupati Faida meminta warga Mimika, Jayapura dan Keerom asal Jember untuk tidak lupa kepada asal usul mereka, yakni Kabupaten Jember. Faida berharap mereka dapat membawa dan melestarikan Kesenian dan Kebudayaan Jember di tanah Papua, serta turut mempromosikan produk-produk unggulan warga kabupaten Jember, seperti Kopi dan coklat.

Bupati Faida juga memberikan sejumlah bantuan kepada pengurus Paguyuban Keluarga Jember, berupa alat musik patrol, kostum Jember Fashion Carnival, dan kain batik khas Pandalungan. Dengan bantuan ini, diharapkan Anak-anak Papua asal Jember tidak lupa terhadap asal-usul orangtua mereka dan menjadi generasi yang cinta dan melestarikan seni budaya nenek moyang dimanapun mereka berpijak.

Bupati Faida juga mengajak jajaran forkopimda yang  ada di Mimika, Jayapura dan Keerom untuk bermain musik patrol dan menari serta bernyanyi lagu Pandalungan. Selanjutnya, Bupati Faida mengajak Pemkab/Pemkot setempat untuk bekerjasama dalam mempromosikan produk unggulan masing-masing daerah. Bahkan Faida mengajak mereka bekerjasama dalam program memberikan Beasiswa kepada anak-anak Ber-KTP Jember yang sedang menempun pendidikan di Papua.

Ajakan ini mendapat sambutan positif dari Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano, dan Bupati Keerom, Muhammad Markum. Ketiga kepala daerah tersebut akan membantu warga Ber-KTP Jember yang ada di daerah mereka, untuk didata mana yang tidak mampu dan berprestasi, agar mendapatkan beasiswa. Bahkan mereka juga berjanji akan menjaga dan melindungi keamanan warga Jember di Papua, serta mensejahterankannya.

Sementara itu, kedatangan Bupati Faida ke 3 Daerah tersebut mendapat sambutan baik dari Pengurus Paguyuban Keluarga Jember. Mereka pun berjanji akan menjaga nama baik Jember di tanah Papua. Mereka juga mengapresiasi kedatangan Bupati Faida, karena baru pertama kali ini seorang Bupati Jember datang menemui warganya yang berada di tanah rantau. Mereka pun akan mendukung turut mempromosikan produk-produk UMKM unggulan Jember di Papua.  

#PaguyubanKeluargaJember #MimikaPapua #JayapuraPapua #BupatiJember

Editor : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:14
SEKDA PEMPROV BALI INGATKAN KEGIATAN ADAT DILAKSANAKAN DENGAN JUMLAH TERBATAS   BAWASLU JABAR SEBUT POTENSI KETERLIBATAN ASN BERPOLITIK PRAKTIS CUKUP TINGGI PADA PILKADA 2020   MENKO PMK SEBUT PEMERINTAH TERUS CARI CARA CEGAH KEMATIAN DOKTER AKIBAT COVID-19   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN SAAT PANDEMI COVID-19 HARGA MATI   TEKAN JUMLAH KEMATIAN AKIBAT COVID-19, DINKES NUSA TENGGARA BARAT "SCREENING" LANSIA   KASUS COVID-19 BERTAMBAH, PEMKAB BENER MERIAH TUTUP 17 SEKOLAH   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO: TNI AKAN KERAHKAN SELURUH ANGKATAN UNTUK ATASI PANDEMI COVID-19   SATPOL PP BOGOR SEGEL 10 VILA KARENA NEKAT SEWAKAN "HOME STAY" DI MASA PSBB PRA-ADAPTASI KEBIASAAN BARU   12 TENAGA MEDIS POSITIF COVID-19, RSUD JAMBI TUTUP SEMENTARA LAYANAN ICU HINGGA RADIOLOGI SELAMA 3 HARI   KEMENPERIN RUMUSKAN SNI MASKER KAIN UNTUK LINDUNGI KONSUMEN SECARA OPTIMAL DARI COVID-19   MENKO PMK MINTA PARA DOKTER YANG TANGANI PASIEN COVID-19 UTAMAKAN KESELAMATAN PRIBADI   BPOM TEMUKAN 50.000 TAUTAN IKLAN PENJUAL PRODUK MAKANAN DAN OBAT ILEGAL SELAMA PANDEMI KORONA   KPU KABUPATEN BANDUNG DORONG KAMPANYE SECARA DARING   BALAI BESAR TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU: JALUR PENDAKIAN GUNUNG SEMERU DIBUKA 1 OKTOBER 2020