HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Bupati Faida Bertemu Warga Jember Di Papua

Selasa, 28 Januari 2020 | 09:06 WIB

MIMIKA DAN JAYAPURA, KOMPASTV – Bupati Jember, dr, Hj. Faida, MMR, berkunjung ke Warga asal Jember yang saat ini tinggal di tiga daerah di Papua, yakni Kabupaten Mimika, Kabupaten/Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom. Dalam kunjungannya, Bupati berpesan agar warga asal jember yang tinggal di papua tetap menjaga seni budaya Jember dan membantu pemerintah setempat mendata warga jember yang sedang belajar di Papua untuk mendapatkan beasiswa dari Pemkab Jember.

Kunjungan Bupati Jember, Faida, ke Papua, diawali dengan melantik pengurus Paguyuban Keluarga Jember Mimika (PKJM) dan meresmikan sekretariat PKJM di Kabupaten Mimika pada sabtu (25/01/2020). Lalu dilanjutkan dengan dialog bersama warga kabupaten/Kota Jayapura dan kabupaten Keerom asal Jember di Aula LPTQ Kota Jayapura pada Minggu (26/01/2020). 

Pada kesempatan ini, Bupati Faida meminta warga Mimika, Jayapura dan Keerom asal Jember untuk tidak lupa kepada asal usul mereka, yakni Kabupaten Jember. Faida berharap mereka dapat membawa dan melestarikan Kesenian dan Kebudayaan Jember di tanah Papua, serta turut mempromosikan produk-produk unggulan warga kabupaten Jember, seperti Kopi dan coklat.

Bupati Faida juga memberikan sejumlah bantuan kepada pengurus Paguyuban Keluarga Jember, berupa alat musik patrol, kostum Jember Fashion Carnival, dan kain batik khas Pandalungan. Dengan bantuan ini, diharapkan Anak-anak Papua asal Jember tidak lupa terhadap asal-usul orangtua mereka dan menjadi generasi yang cinta dan melestarikan seni budaya nenek moyang dimanapun mereka berpijak.

Bupati Faida juga mengajak jajaran forkopimda yang  ada di Mimika, Jayapura dan Keerom untuk bermain musik patrol dan menari serta bernyanyi lagu Pandalungan. Selanjutnya, Bupati Faida mengajak Pemkab/Pemkot setempat untuk bekerjasama dalam mempromosikan produk unggulan masing-masing daerah. Bahkan Faida mengajak mereka bekerjasama dalam program memberikan Beasiswa kepada anak-anak Ber-KTP Jember yang sedang menempun pendidikan di Papua.

Ajakan ini mendapat sambutan positif dari Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano, dan Bupati Keerom, Muhammad Markum. Ketiga kepala daerah tersebut akan membantu warga Ber-KTP Jember yang ada di daerah mereka, untuk didata mana yang tidak mampu dan berprestasi, agar mendapatkan beasiswa. Bahkan mereka juga berjanji akan menjaga dan melindungi keamanan warga Jember di Papua, serta mensejahterankannya.

Sementara itu, kedatangan Bupati Faida ke 3 Daerah tersebut mendapat sambutan baik dari Pengurus Paguyuban Keluarga Jember. Mereka pun berjanji akan menjaga nama baik Jember di tanah Papua. Mereka juga mengapresiasi kedatangan Bupati Faida, karena baru pertama kali ini seorang Bupati Jember datang menemui warganya yang berada di tanah rantau. Mereka pun akan mendukung turut mempromosikan produk-produk UMKM unggulan Jember di Papua.  

#PaguyubanKeluargaJember #MimikaPapua #JayapuraPapua #BupatiJember

Penulis : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
16:26
SUGENG RAWUH! AUDISI SUCI IX SIAP MENYAPA SEMARANG, 20 FEBRUARI 2020 DI AZYX CAFE PUKUL 10.00-19.00. LET'S MAKE LAUGH!   HORAS! IKUTI AUDISI SUCI IX DI KOTA MEDAN, 20 FEBRUARI 2020, DI MOJO SIP & DINE PUKUL 10.00-19.00, LET'S MAKE LAUGH !   SAAT INI, LIVERPOOL KOKOH DI PUNCAK KLASEMEN LIGA INGGRIS DENGAN KOLEKSI 76 POIN   LIVERPOOL JADI TIM PERTAMA EROPA YANG LOLOS KE LIGA CHAMPIONS MUSIM DEPAN   THAILAND MELARANG WARGANYA KUNJUNGI JEPANG DAN SINGAPURA UNTUK SEMENTARA WAKTU KARENA VIRUS KORONA   DIREKTUR RS WUCHANG, WUHAN, LIU ZHIMING MENINGGAL DUNIA AKIBAT VIRUS KORONA   BADAN PENANGGULANGAN BENCANA INGGRIS TERBITKAN 600 PERINGATAN BAHAYA BANJIR AKIBAT BADAI DENNIS   PENCARIAN KORBAN LONGSOR DI PASAMAN, SUMBAR, TERKENDALA AKSES MASUK ALAT BERAT KE LOKASI KEJADIAN   DPR MINTA KEMENTAN BENAHI PERHITUNGAN DATA PERTANIAN   BNN SITA KERANJANG BUAH YANG DIDUGA BERISI GANJA DI CIKOKOL, KOTA TANGERANG   DINAS TATA RUANG KOTA BEKASI SEBUT 400.000 RUMAH TINGGAL YANG TIDAK MENGANTONGI IMB BERADA DI PERKAMPUNGAN   DINAS TATA RUANG KOTA BEKASI: ADA 400.000 DARI 800.000 RUMAH TINGGAL DI BEKASI YANG BELUM MENGANTONGI IMB   TRANSJAKARTA UBAH RUTE BUS HARMONI-PULOGADUNG KARENA ADA PENGERJAAN "UNDERPASS" SENEN, JAKARTA PUSAT   KEPALA STAF KEPRESIDENAN (KSP) MOELDOKO: PROGRAM KARTU PRAKERJA MULAI DILAKSANAKAN APRIL 2020