Kompas TV regional berita daerah

Personil TNI Latih Keterampilan Indera Manusia Pramuka di Papua

Kompas.tv - 27 Januari 2020, 19:15 WIB
personil-tni-latih-keterampilan-indera-manusia-pramuka-di-papua
Serda Amirudin Majid Way, anggota Kodim 1709/Yawa yang melatih 40 anggota pramuka penggalang di Kepulauan Yapen, Papua, Senin (27/1/2020). (Sumber: (Sumber: Pendam XVII/Cenderawasih))
Penulis : Deni Muliya

 

PAPUA, KOMPAS.TV - Sersan Dua (Serda) Amirudin Majid Way, anggota Kodim 1709/Yawa melatih 40 anggota Pramuka Penggalang dari Gugus Depan (Gudep) Baharudin Kaseng Hj Normawati, di Yayasan Darussalam Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Senin (27/01/2020).

Baca Juga: TNI Bantu Penyedotan Air Underpass Kemayoran, Diperkirakan Selesai Malam Ini

Dalam kegiatan yang diawali dengan upacara pembukaan latihan itu dilanjutkan dengan pemberian materi Keterampilan Indera Manusia (KIM).

KIM merupakan salah satu materi teknik kepramukaan yang menggunakan bantuan alat untuk menguji dan meningkatkan kemampuan indera penglihatan, penciuman, pendengaran dan indera perasa.

Di sela-sela pelatihan tersebut, Serda Amir yang juga Ketua Gudep Putra Baharudin Kaseng dan sekaligus sebagai Pembina Pramuka mengatakan bahwa KIM merupakan suatu latihan menggunakan panca indera untuk meningkatkan kecerdasan pemikiran atau otak. 

"KIM sangat berguna untuk meningkatkan daya pikir, kecepatan bereaksi atau mengambil keputusan, sekaligus kecepatan daya tangkap," ujar Serda Amir, seperti dikutip dari rilis yang diterima redaksi Kompas TV dari Kapendam XVII/Cenderawasih, Senin (27/1/2020).

Baca Juga: Personil TNI Temukan Potensi Budidaya Madu Lebah Kelulut

Menurut Serda Amir, Kim yang diimbangi dengan permainan dapat meningkatkan daya fikir sekaligus membentuk karakter pada pramuka penggalang.

“Permainan ini sangat baik untuk dilatihkan kepada pramuka penggalang agar terbentuk karakter yang berkualitas dengan kemampuan indera yang dimilikinya. Sehingga generasi muda kita bisa menjadi orang yang cerdas, peka terhadap situasi dan tanggap dengan lingkungan sekitar,”pungkas Serda Amir.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x