Kompas TV nasional aiman

Pro Kontra Pemindahan Ibu Kota Baru - AIMAN (Bag 4)

Kompas.tv - 27 Januari 2020, 20:05 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Dalam proses pemindahan ibu kota baru, pemerintah menjalankan beberapa tahapan yang sudah berlangsung sejak 2019. Menurut Presiden Joko Widodo, pemindahan Ibu Kota baru diperkirakan akan selesai pada tahun 2024.

Tahap-tahap pemindahan Ibu Kota adalah, sebagai berikut: penentuan rancangan desain ibu kota, proses pembukaan lahan, pembangunan, dan pemindahan perangkat pemerintahan. Meski masih ada kontroversi yang mengiringi pemindahan Ibu Kota baru ini, namun Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pembangunan jalan terus. Awal 2020, misalnya, akan dilangsungkan proses ‘land clearing’ alias pembukaan lahan di lokasi calon Ibu Kota baru.

KEMENPUPR juga telah mengadakan sayembara desain Ibu Kota baru. Nantinya, Ibu Kota baru akan menjadi smart city dan compact city, yang tetap mencerminkan identitas bangsa. Bagaimana rupa Ibu Kota baru RI nanti?

Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terpilih menjadi lokasi Ibu Kota baru Republik Indonesia. Dengan luas 3.333 kilometer persegi atau sekitar lima kali luas Jakarta, PPU masih memiliki banyak lahan kosong. Kontur tanah PPU yang datar, juga akan memudahkan pembangunan Ibu Kota baru. Ditambah, kondisi PPU yang masih dikelilingi hutan, sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo, yaitu membangun ibu kota yang pintar, hijau, dan cantik.

Saksikan AIMAN episode Siap-Siap di Ibu Kota Baru, bagian keempat, berikut ini. 

#AIMAN #IBUKOTABARU 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.