Kompas TV nasional aiman

Apa yang Harus Disiapkan Calon Ibu Kota Baru - AIMAN (Bag 2)

Kompas.tv - 27 Januari 2020, 20:02 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terpilih menjadi lokasi Ibu Kota baru Republik Indonesia. Dengan luas 3.333 kilometer persegi atau sekitar lima kali luas Jakarta, PPU masih memiliki banyak lahan kosong. Kontur tanah PPU yang datar, juga akan memudahkan pembangunan Ibu Kota baru. Ditambah, kondisi PPU yang masih dikelilingi hutan, sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo, yaitu membangun ibu kota yang pintar, hijau, dan cantik.

Namun, kesiapan PPU dalam pengadaan lahan memunculkan tantangan tersendiri. Beberapa daerah di Penajam Paser Utara adalah hutan lindung atau habitat binatang. Banyak hal lain yang masuk ke dalam daftar rencana persiapan Penajam Paser Utara sebagai Ibu Kota baru.

Simak wawancara jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono, dengan Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’ud, dalam episode Siap-Siap di Ibu Kota Baru, bagian kedua, berikut ini.

Sudah sejauh mana proses pemindahan Ibu Kota? Bagaimana dengan kontroversi yang menyertainya? Saksikan AIMAN episode Siap-Siap di Ibu Kota Baru, bagian pertama, berikut ini. 

 

#AIMAN #IBUKOTABARU 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x