Kompas TV nasional aiman

Siap-Siap Di Ibu Kota Baru - AIMAN (Bag 1)

Kompas.tv - 27 Januari 2020, 20:07 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Proses pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur mengawali agenda pemerintahan Presiden Joko Widodo 1999-2024. Proyek megastruktur ini akan memindahkan semua perangkat pemerintahan: eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Tidak hanya itu, Ibu Kota baru pun akan membuka sejarah baru bagi Indonesia untuk masa depan.

Jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono, mendatangi salah satu lokasi Ibu Kota baru, yaitu Kabupaten Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur. Aiman melihat pembangunan yang telah dilakukan calon ibu kota Indonesia ini, mulai dari jalur transportasi hingga listrik.

Keputusan memindahkan Ibu Kota negara dianggap sebagai sebuah langkah maju. Saat ini, Jakarta sarat beban. Akibatnya, semua masalah menumpuk di Jakarta. Presiden Joko Widodo menekankan keharusan Jakarta untuk diringankan bebannya. Hal inipun searah dengan pernyataan Mantan Kepala Bappenas 2014-2015, Andrinof Chaniago, yang juga tokoh pengkaji awal rencana pemindahan Ibu Kota.

Sudah sejauh mana proses pemindahan Ibu Kota? Bagaimana dengan kontroversi yang menyertainya? Saksikan AIMAN episode Siap-Siap di Ibu Kota Baru, bagian pertama, berikut ini.

#AIMAN #IBUKOTABARU 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x