HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Pabrik Susu Yang Cemari Lingkungan Segera Berikan Ganti Rugi Kepada Warga

Senin, 27 Januari 2020 | 18:32 WIB

BLITAR, KOMPAS.TV - Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Totok Subihandono didampingi petugas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, melakukan pertemuan dengan pihak Pabrik Greenfields (27/1). Pertemuan tersebut untuk membahas tindak lanjut dampak pencemaran sungai, oleh kotoran sapi dari pabrik susu itu.

Ada beberapa kesepakatan yang dihasilkan dari pertemuan itu, diantaranya revisi amdal dan ganti rugi kepada warga. Pihak pabrik sendiri, sejatinya telah memiliki tempat pengolahan limbah, namun lokasinya tidak mampu menampung volume yang ada selama ini.

Pasca melubernya kotoran sapi yang mencemari sungai dan sumur warga, pihak Greenfields akan segera membangun pabrik pengolahan limbah. Estimasinya, pihak pabrik membutuhkan waktu 3 bulan, untuk pembangunan pengolahan limbah itu.

Selain rencana pembangunan pabrik pengolahan limbah, Greenfields telah menyiapkan biaya ganti rugi kepada warga yang terdampak selama ini. Dalam waktu dekat, rencananya ganti rugi itu akan diserahkan kepada warga.

Sementara itu, Pemkab Blitar juga memberikan masukan kepada pihak pabrik, terkait pengolahan limbah kedepannya. Salah satunya seperti kerjasama pengolahan kotoran sapi dengan pihak perkebunan kopi. Pasalnya, selama ini kotoran sapi dapat dimanfaatkan dengan berbagai macam cara, salah satunya bisa untuk bahan bakar gas (bio gas).

Pihak DLH Kabupaten Blitar akan terus melakukan pengawasan hingga pabrik pengolahan limbah itu rampung. Sebelumnya, sejumlah sungai dan sumur warga di sekitar pabrik susu berubah warna dan mengeluarkan bau yang tak sedap. Hal itu akibat dari limbah kotoran sapi yang berasal dari pabrik, meluber hingga mengaliri sungai di sekitarnya.

#blitar #limbah #pencemaranlingkungan #pabriksusu #gantirugi #beritadaerah

Penulis : KompasTV Kediri



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
13:34
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB   UNI EMIRAT ARAB MELARANG PENERBANGAN EMIRATES DAN ETIHAD DARI DAN MENUJU IRAN KARENA VIRUS KORONA   WAKIL MENTERI KESEHATAN IRAN IRAJ HARIRCHI TERJANGKIT VIRUS KORONA   BADAN PENGENDALIAN DAN PENCEGAHAN PENYAKIT KOREA SELATAN: SUDAH ADA 11 ORANG YANG MENINGGAL DUNIA AKIBAT KORONA   SEBANYAK 1.146 ORANG TERINFEKSI VIRUS KORONA DI KOREA SELATAN   KBRI SEOUL, KOREA SELATAN, IMBAU WNI MENUNDA KUNJUNGAN KE DAEGU DAN SEKITARNYA AKIBAT ADANYA WABAH VIRUS KORONA   HONG KONG TERAPKAN PEMBATASAN AKSES MASUK BAGI WARGA NEGARA ASING YANG AKAN MASUK DARI KOREA SELATAN   PSSI AKAN BENTUK TIM KEAMANAN KHUSUS UNTUK TIMNAS INDONESIA KETIKA TAMPIL DI LUAR NEGERI   KEMENDAGRI: PEMERINTAH TELAH MENGUCURKAN DANA DESA RP 1,3 TRILIUN PER 19 FEBRUARI 2020   POLISI TETAPKAN 8 TERDUGA PERUSAK AEON MALL JAKARTA GARDEN CITY, MAYORITAS ANAK-ANAK DI BAWAH UMUR   ASOSIASI PENGUSAHA TRUK INDONESIA: BANJIR JAKARTA SEBABKAN TRUK LOGISTIK RUGI RP 30 MILIAR   KOMISI V DPR PANGGIL GUBERNUR DKI JAKARTA, GUBERNUR JABAR, DAN GUBERNUR BANTEN BAHAS BANJIR   KOMISI III DPR DESAK KEJAGUNG UTAMAKAN MENGEJAR ASET PARA TERSANGKA JIWASRAYA UNTUK PENGEMBALIAN DANA