Kompas TV nasional berita kompas tv

MPR Dukung Pemerintah Keluarkan Travel Warning ke China

Kompas.tv - 27 Januari 2020, 12:46 WIB
mpr-dukung-pemerintah-keluarkan-travel-warning-ke-china
Warga Berjalan di Kota Wuhan Yang Sepi (Sumber: AP)
Penulis : Alexander Wibisono

JAKARTA, KOMPASTV - Menanggapi keresahan masyarakat mengenai penyebaran Virus Corona, Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani mendukung bila pemerintah Indonesia mengeluarkan travel warning kepada WNI yang akan pergi ke China.

“Saya kira ini semua negara mewaspadai dengan lebih serius lagi soal virus corona, antara lain dengan mulai mengeluarkan travel warning dan travel advice,” ucap Arsul Sani kepada wartawan, Senin (27/1/2020).

Bahkan, Asrul menambahkan, keputusan berupa travel warning harus segera diambil Pemerintah Indonesia, untuk mencegah virus corona masuk ke tanah air.


Tunggu Rekomendasi Kementerian Kesehatan

Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, menjelaskan rekomendasi penerbitan travel warning ke Cina dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan.

Menurut dia, keputusan ini juga harus mengacu pada pemberitahuan dari World Health Organization (WHO). “Sampai saat ini, WHO belum melarang kunjungan ke Cina,” kata Faizasyah. 

Beberapa hari terakhir, Otoritas Cina menyatakan sebanyak 41 orang telah meninggal terkena virus corona. Sementara, 1.287 orang lainnya telah terinfeksi virus ini, seperti dilansir National Health Commission

Tak hanya di Cina, kasus lain pun mulai terjadi di Korea Selatan, Amerika Serikat, hingga Vietnam.

Meski penyebaran virus ini cukup luas terjadi di negara-negara Asia, sampai hari ini, Indonesia memang belum menerbitkan travel warning ke Cina. (Dipo Nurbahagia/Kemas Abdul Malik
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x