Kompas TV kuliner cerita rasa

Kedai kopi Tertua dan Legendaris di Bandung

Selasa, 28 Januari 2020 | 19:03 WIB

Siapa tak kenal Bandung, Ibu Kota Jawa Barat yang kini terkenal dengan industri kreatifnya tengah berkembang pesat.

Bandung masih menyimpan dengan apik nilai-nilai history mereka. Mulai dari bangunan tua, jalan, hingga sebuah pabrik kopi. 

Bertempat di daerah sejarah, Braga, Asia Afrika, atau tepatnya di Jalan Banceuy No 51, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, terdapat sebuah pabrik kopi pertama di Kota Bandung. 

Nuansa tempo dulu kental terasa pada pandangan pertama. Pabrik aroma kopi terdiri dari bangunan tua khas Belanda yang berada di persimpangan jalan.

Menilik dari sejarahnya, pabrik kopi ini sudah berdiri sejak 1930 dan tetap beroperasi secara turun temurun hingga sekarang.

Pabrik kopi aroma didirikan oleh Tan How Sian.

Satu hal yang menarik dari kopi ini adalah proses pembuatannya yang masih 100% manual, melalui mesin roasting tua berusia 82 tahun buatan Jerman.

Kopi aroma selama puluhan tahun bertahan dengan proses ini agar kualitasnya senantiasa terjaga.

Kopi yang digunakan juga merupakan kopi lokal biji merah yang dijemur di bawah sinar matahari.

Ketenaran kopi aroma sudah merambah bahkan hingga ke luar negeri.

#KopiLegendaris #KopiBandung #PabrikKopiAroma

Penulis : Dian Septina


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:37
WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 2.932 ORANG: 2.064 SEMBUH, 171 MENINGGAL DUNIA, 697 DALAM PERAWATAN    HINGGA SAAT INI, JUMLAH KASUS KORONA DI AS: 24.631.890 POSITIF, 410.349 MENINGGAL DUNIA   KEMENKEU AJAK KEMENTERIAN DAN LEMBAGA ASURANSIKAN BARANG MILIK NEGARA   POLRI IMBAU MASYARAKAT HATI-HATI PENIPUAN BERKEDOK INVESTASI   POLRESTA BANDARA SOEKARNO-HATTA PERIKSA 4 PEMBELI SURAT PALSU HASIL TES COVID-19   POLDA METRO JAYA MINTA PT TRANSJAKARTA DAN PENGELOLA JALAN TOL PASANG KAMERA TILANG ELEKTRONIK (ETLE)   LPSK SERAHKAN KOMPENSASI RP 2,015 MILIAR KE 10 KORBAN TINDAK PIDANA TERORISME MASA LALU DI MAKASSAR   KETERSEDIAAN TEMPAT TIDUR ISOLASI PASIEN COVID-19 DI RSUD ANWAR MAKKATUTU BANTAENG TERSISA 22 TEMPAT TIDUR   DIRJEN PELAYANAN KESEHATAN KEMENKES: RS PRIORITASKAN PASIEN COVID-19 YANG MEMILIKI GEJALA SEDANG DAN BERAT   KEMENKES: PASIEN COVID-19 BERGEJALA RINGAN JANGAN BERLOMBA-LOMBA MASUK RS   DUKUNG VAKSINASI PEMERINTAH, MUI: MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI   MENKES BUDI GUNADI MENILAI APABILA MASYARAKAT INDONESIA DISIPLIN, PANDEMI BISA SELESAI   MENDIKBUD: ASESMEN NASIONAL 2021 TAK TENTUKAN KELULUSAN, TAK PERLU SAMPAI BIMBEL   MENDIKBUD MINTA ORANGTUA MURID TAK KHAWATIR SOAL PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL 2021