Kompas TV kuliner cerita rasa

Kedai kopi Tertua dan Legendaris di Bandung

Selasa, 28 Januari 2020 | 19:03 WIB

Siapa tak kenal Bandung, Ibu Kota Jawa Barat yang kini terkenal dengan industri kreatifnya tengah berkembang pesat.

Bandung masih menyimpan dengan apik nilai-nilai history mereka. Mulai dari bangunan tua, jalan, hingga sebuah pabrik kopi. 

Bertempat di daerah sejarah, Braga, Asia Afrika, atau tepatnya di Jalan Banceuy No 51, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, terdapat sebuah pabrik kopi pertama di Kota Bandung. 

Nuansa tempo dulu kental terasa pada pandangan pertama. Pabrik aroma kopi terdiri dari bangunan tua khas Belanda yang berada di persimpangan jalan.

Menilik dari sejarahnya, pabrik kopi ini sudah berdiri sejak 1930 dan tetap beroperasi secara turun temurun hingga sekarang.

Pabrik kopi aroma didirikan oleh Tan How Sian.

Satu hal yang menarik dari kopi ini adalah proses pembuatannya yang masih 100% manual, melalui mesin roasting tua berusia 82 tahun buatan Jerman.

Kopi aroma selama puluhan tahun bertahan dengan proses ini agar kualitasnya senantiasa terjaga.

Kopi yang digunakan juga merupakan kopi lokal biji merah yang dijemur di bawah sinar matahari.

Ketenaran kopi aroma sudah merambah bahkan hingga ke luar negeri.

#KopiLegendaris #KopiBandung #PabrikKopiAroma

Editor : Dian Septina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:53
HOTLINE KBRI BEIRUT +961 3199 493   TERCATAT 1.447 WNI BERADA DI LEBANON, 1.234 DI ANTARANYA ADALAH PASUKAN KONTINGEN GARUDA   KEMENLU TERUS PANTAU DAN PASTIKAN KONDISI WNI PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PERANCIS KIRIM 2 PESAWAT MILITER KE BEIRUT UNTUK BANTUAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN PASCA-LEDAKAN BESAR   SEBANYAK 300.000 PENDUDUK KEHILANGAN RUMAH AKIBAT LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PRESIDEN LEBANON MICHEL AOUN JANJIKAN PENYELIDIKAN TRANSPARAN ATAS LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   ISRAEL BANTAH TERLIBAT DALAM LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   SEBANYAK 30 TENAGA KESEHATAN RSUD SOGATEN, KOTA MADIUN, TES "SWAB" SETELAH 1 DOKTER POSITIF TERINFEKSI KORONA   BUPATI OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN, ILYAS PANJI ALAM, SEMBUH DARI KORONA   BUKA PARIWISATA UNTUK TURIS DOMESTIK, PEMPROV BALI FOKUS BANGUN KEPERCAYAAN WISATAWAN DI TENGAH PANDEMI   PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI DI WILAYAH KUNINGAN, JABAR, DIBUKA KEMBALI MULAI SABTU, 8 AGUSTUS 2020   KEMENDIKBUD MINTA PEMKOT BEKASI HENTIKAN SIMULASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA DI 6 SEKOLAH   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI IMBAU WARGANYA TIADAKAN LOMBA 17-AN YANG SIFATNYA MENGUNDANG KERUMUNAN   DINKES DKI JAKARTA INGATKAN MASYARAKAT UNTUK BAHU-MEMBAHU ATASI PANDEMI KORONA