Kompas TV video cerita indonesia

Mirip Wuhan, Pasar di Indonesia Ini Juga Menjual Daging Hewan Liar

Kompas.tv - 27 Januari 2020, 04:45 WIB
Penulis : Laura Elvina

MANADO, KOMPAS.TV - Virus Corona jenis baru (2019-nCov) yang telah menewaskan puluhan orang, diduga merebak pertama kali di Pasar Huanan, Wuhan, Provinsi Hubei, China. Pasar tersebut diketahui menjual berbagai jenis daging, mulai dari makanan laut hingga daging eksotik hewan liar.

Beberapa hewan ekstrem yang diperdagangkan di Pasar Huanan tersebut di antaranya kelelawar, katak, ular, koala, tikus, rubah, anak serigala, burung merak, unta, burung unta, dan landak. Hewan tersebut dijual, baik dalam keadaan hidup maupun siap olah.

Pasar yang menjual daging eksotik ternyata tidak hanya ada di Wuhan, China.

Baca Juga: Mengenal Wuhan, Kota Metropolitan yang Menjadi Asal Virus Corona

Indonesia pun juga memiliki pasar serupa yang menjual daging ekstrem. Di Kota Manado, Sulawesi Utara, tepatnya berada di Pasar Pinasungkulan, sejumlah daging hewan liar diperjualbelikan, seperti kelelawar atau paniki, ular, anjing, dan tikus hutan.

Kebanyakan daging hewan liar ini dibeli oleh para pemilik restoran penyaji hidangan ekstrem yang marak di Kota Manado.

Isu penyebaran virus corona yang diduga dari pasar hewan daging liar di Wuhan telah didengar oleh para pedagang di Pasar Pinasungkulan ini.

Namun menurut pedagang, isu tersebut tidak mempengaruhi penjualan daging hewan liar di Kota Manado, Sulawesi Utara. Para penjual mengaku tetap meraup keuntungan hingga jutaan rupiah dalam sehari.

"Tidak ada pengaruh, bahkan penjualan makin lancar," ujar Steviani Masinambow, salah satu pedagang di Pasar Pinasungkulan.

Baca Juga: Asal Usul Virus Corona, Diduga dari Kelelawar di Pasar Wuhan

Hal tersebut juga diakui oleh pedagang lainnya bernama Jolly, yang mengatakan selama ini ia berjualan tidak pernah ada masalah apapun.

"Tidak terpengaruh. Saya berjualan dari tahun 70-an, tetap aman," ujar Jolly.

#Corona #Pasar #Wuhan #Manado #DagingLiar #Eksotik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.