Kompas TV video internasional

Korban Corona Bertambah, Pemerintah AS dan Jepang Akan Evakuasi Warganya dari Wuhan

Kompas.tv - 27 Januari 2020, 04:45 WIB
Penulis : Laura Elvina

TOKYO, KOMPAS.TV - Korban meninggal akibat merebaknya wabah virus corona jenis baru (2019-nCov) terus bertambah. Hingga saat ini jumlah korban meninggal mencapai 56 orang.

Semakin banyaknya korban meninggal dunia, pemerintah AS dan Jepang berencana melakukan evakuasi warga mereka dari Wuhan, China.

Dalam konferensi pers, Perdana Menteri Shinzo Abe menuturkan, dia sudah berbicara dengan pemerintah China mengenai rencana evakuasi itu.

"Kami akan membawa semua warga Jepang yang ingin kembali, dan mempertimbangkan semua kemungkinan. Seperti menggunakan pesawat carteran," ujar Abe.

Nantinya, setiap warga Jepang yang ingin dipulangkan bakal dikeluarkan melalui jalur darat, dan kemudian diterbangkan di tempat lain.

Baca Juga: Mengenal Wuhan, Kota Metropolitan yang Menjadi Asal Virus Corona

Dikutip dari Kompas.com, selain Jepang, AS melalui Kedutaan Besar mereka juga mengonfirmasi rencana evakuasi dari kota tempat di mana virus corona pertama kali dilaporkan.

"Kementerian Luar negeri berencana merelokasi semua personel yang bermarkas di Konsulat Jenderal di Wuhan ke AS," demikian keterangan kedubes.

Washington bakal menerbangkan setiap warganya dari Bandara Internasional Wuhan Tianhe dengan jurusan San Francisco pada Selasa (28/1/2020).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying merespons rencana dua negara dengan menyatakan, pihaknya akan bekerja sama berdasarkan aturan pencegahan virus.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.