Kompas TV nasional sapa indonesia

Indahnya Alunan Musik Khas Tiongkok dari Miladomus Ensemble

Kompas.tv - 26 Januari 2020, 20:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Miladomus Ensemble merupakan kelompok musik yang menggunakan alat-alat musik Tiongkok.

Miladomus Ensemble ini beranggotakan 4 orang yakni Hartono, Paramitha, Donny dan Sean. Adapun alat-alat musik Tiongkok yang dimainkan yakni erhu, guzheng, dizi, clarinet. Grup Miladomus Ensemble ini terbentuk pada tahun 2000-an.

Tidak hanya mengisi untuk acara-acara Imlek saja, namun acara seperti Cap Go Meh ataupun perayaan 

Adapun keunikan alat musik Tiongkok ini salah satunya ialah alat musik Erhu. Erhu ini merupakan alat musik gesek, perbedaan erhu dengan alat musik gesek lainnya ialah membran bagian bawah erhu terbuat dari kulit ular. Selain itu, senarnya hanya ditekan sedikit saja tanpa harus menyentuh finger board seperti halnya alat musik biola atau cello.

Selain itu, alat musik Guzheng merupakan alat musik petik dengan jenis pentatonik (hanya memiliki 5 nada). Senarnya tebal karena ada campuran sutra dan nilon. Pemetikkannya pun disarankan menggunakan kuku agar suara yang dihasilkan lebih jelas.

Untuk alat musik dizi, ini merupakan alat musik tiup yang mirip dengan seruling bambu, namun yang membedakannya adalah suara/cengkok khas yang dihasilkan ketika ditiup.

Untuk alat musik clarinet, tidak banyak yang berbeda namun suaranya mirip dengan alat musik flute.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.