HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Terlambat Infokan Harun Masiku, Roy Suryo Sarankan Dirjen Imigrasi Mundur

Minggu, 26 Januari 2020 | 06:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar Telematika Roy Suryo menyarankan Dirjen Imigrasi dan Menteri Hukum dan HAM mundur dari jabatannya, karena dianggap gagal terkait keterlambatan data imigrasi Harun Masiku. Harun Masiku adalah politisi PDIP yang tersangkut kasus dugaan korupsi Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR, bersama komisioner Komisi Pemilihan Umum, Wahyu Setiawan.

"Kalau saya menempatkan diri sebagai Dirjen Imigrasi, atau petinggi di atasnya, artinya Dirjen Imigrasi atau Menkumham itu malu dan bahkan mungkin kalau perlu mengundurkan diri," ujar Roy di Jakarta, Sabtu (25/1/2020).

Roy menilai, keterangan yang diberikan Direktorat Jenderal Imigrasi mengenai adanya "delay time" dalam sistem data terminal 2 Bandara Soekarno Hatta tidak bisa diterima.

"Istilah delay itu, saya selaku orang teknis sangat tidak menerima," lanjut Roy.

Sebelumnya Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie menyatakan keterlambatan informasi yang diberikan pihak imigrasi terkait kedatangan Harun Masiku ke Indonesia disebabkan oleh adanya "delay time", atau jeda waktu pemrosesan data. Menurut Sompie, kondisi inilah yang membuat pihak imigrasi tidak mengetahui jika Harun Masiku sudah ada di Indonesia sejak tanggal 7 Januari 2020. Sementara pihak imigrasi baru memberikan keterangan pada tanggal 22 Januari 2020. Artinya ada jeda 15 hari. 

Baca Juga: Mencari Harun Masiku, Adakah Konflik Kepentingan?

Sementara menurut Roy Suryo, delay time dalam teknologi kamera perekam seharusnya hanya hitungan detik atau paling lama dalam hitungan jam.

"Dalam istilah teknis ya, delay itu boleh kalau dalam hitungan detik atau menit, atau paling lama jam lah, jam aja itu udah parah. Ini delay kok sampai lima belas hari," ucap Roy.

#HarunMasiku #PDIP

Penulis : Laura Elvina



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
07:34
PRESIDEN TIONGKOK XI JINPING: REPUBLIK RAKYAT TIONGKOK MASIH DALAM TAHAP GENTING PERANGI WABAH VIRUS KORONA   KEMENTERIAN KESEHATAN SINGAPURA: HINGGA 23 FEBRUARI 2020, 89 ORANG TERJANGKIT VIRUS KORONA DI SINGAPURA   AFGHANISTAN TANGGUHKAN PERJALANAN WARGANYA KE IRAN MELALUI PERBATASAN UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   PAKISTAN TUTUP PERBATASAN DARAT DENGAN IRAN SETELAH 8 WARGA IRAN MENINGGAL DUNIA AKIBAT KORONA   TURNAMEN BULU TANGKIS ITALIAN JUNIOR 2020 YANG DIGELAR DI MILAN TERPAKSA DIHENTIKAN AKIBAT VIRUS KORONA   PERTANDINGAN INTER MILAN MELAWAN LUDOGORETS DI ITALIA PADA BABAK 32 BESAR LIGA EROPA TERANCAM BATAL KARENA KORONA   AS ROMA KALAHKAN LECCE DENGAN SKOR TELAK 4-0 DALAM LAGA SERIE A YANG DIGELAR DI OLIMPICO, ROMA   ARSENAL MENANG DENGAN SKOR TIPIS 3-2 ATAS EVERTON DALAM PERTANDINGAN SEPAK BOLA LIGA INGGRIS   DERMAGA KAPAL CEPAT DI PELABUHAN BALOHAN, SABANG, ROBOH AKIBAT DITERJANG OMBAK SAAT CUACA BURUK   DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA DEPOK AKAN MEMBANGUN MAL PELAYANAN PUBLIK PADA 2021   KEMENDAGRI MINTA PEMDA ALOKASIKAN APBD YANG KHUSUS DIGUNAKAN UNTUK PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DAERAH   KETUA DPRD DKI PRASETYO EDI MARSUDI MENUDING PROYEK PELEBARAN TROTOAR OLEH GUBERNUR ANIES JADI PENYEBAB BANJIR   BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN TERORISME (BNPT): GENERASI MUDA DAN KAUM PEREMPUAN RENTAN TERPAPAR RADIKALISME   KOMISI III DPR TUNGGU LAPORAN KPK SOAL PENGHENTIAN 36 PERKARA DI TAHAP PENYELIDIKAN