Kompas TV nasional sapa indonesia

Mengenal Sejarah Peranakan Tionghoa di Indonesia

Kompas.tv - 25 Januari 2020, 21:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Imlek diperingati dan dirayakan oleh keturunan Tionghoa, termasuk di Indonesia. Imlek mempunyai sejarah yang panjang di Indonesia.

Sejarawan, Didi Kwartanada menjelaskan bahwa awal mula sejarah kedatangan etnisTionghoa ke Indonesia sebenarnya ada beberapa versi. Namun, sejarah yang paling sering dikutip adalah tentang seorang Pendeta Buddhist yang dikenal dengan Pendeta Fa Hien. Pada abad ke-4, Pendeta Fa Hien sedang dalam perjalanan dari Tiongkok ke India namun karena cuaca buruk, Pendeta Fa Hien terdampar di Pulau Jawa. 

Kedatangan kelompok etnis Tionghoa di Indonesia jugaterbagi dalam beberapa gelombang. Salah satunya ialah saat Laksamana Cheng Ho yang datang ke Indonesia dan membawa beberapa anak buah. Namun, anak buahnya tersebut disebutkan tidak mau pulang karena terpikat dengan wanita Indonesia. Selain itu, ada sekolompok orang Mongol yang  hendak meminta upeti kepada Raja Jawa

Imigrasi paling besar di abad 18-19,terutama setelah Dinasti Man Chu mencabut peraturan larangan melakukan Imigrasi yang artinya warga negara Tiongkok dilarang untuk meninggalkan negaranya. Namun, ketika peraturan larangan Imigrasi tersebut dicabut pada 1893, maka Imigrasi orang-orang Tiongkok pun semakin besar, terutama saat Belanda banyak membuka perkebunan-perkebunan di daerah Sumatera pada abad ke-19.

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.