Kompas TV nasional berita kompas tv

Cegah Virus Corona, Penumpang Demam dan Batuk di Bali Dilaporkan ke Pelabuhan

Kompas.tv - 25 Januari 2020, 16:00 WIB
Penulis : Edika ipelona

BALI, KOMPASTV - Untuk mengantisipasi masuknya virus corona ke Pulau Bali lewat pelabuhan, pihak Kesehatan Kelas Satu Denpasar mengawasi dan memeriksa para penumpang. Pengawasan oleh petugas kesehatan dibantu kepolisian.

Petugas kesehatan di Pelabuhan Rakyat Padang Bai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali, berkomunikasi dengan para nakhoda kapal.

Jika terdapat wisatawan asal Tiongkok yang mengalami gejala demam, batuk dan nyeri, nakhoda segera melaporkan ke pihak kesehatan pelabuhan.

Selain itu petugas juga membagikan masker kepada para nakhoda dan anak buah kapal yang sering berhadapan langsung dengan penumpang.

Virus Corona mulai merebak ke sejumlah negara. Tentunya kita harus juga mulai waspada jika virus Corona ini mulai merambat ke Indonesia. Seperti apa gejala virus Corona dan cara pencegahannya?

Virus corona merupakan jenis penyakit zoonosis, infeksi virus akan menyebar dari hewan ke manusia. Virus corona dapat menyebar jika seseorang saling bersentuhan dengan orang yang terinfeksi.

Gejala Virus Corona adalah sakit tenggorokan, sakit kepala, hidung beringus, bersin, batuk, demam dan kelelahan.

Sementara cara pencegahan virus ini adalah: menghindari makan daging dan telur mentah, menghindari area berasap atau merokok, segera minum obat jika muncul gejala, cuci tangan setelah bersin atau pun batuk, tutup mulut saat batuk, jika terinfeksi hindari kontak dengan orang-orang sekitar dan lakukan istirahat yang cukup.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x