Kompas TV nasional berita kompas tv

Dilarang Menyapu Saat Imlek, Ini Sebabnya

Kompas.tv - 25 Januari 2020, 12:44 WIB
dilarang-menyapu-saat-imlek-ini-sebabnya
Ilustrasi menyapu rumah (Sumber: bramblefurniture.com)
Penulis : Idham Saputra

Masyarakat Tionghoa, terutama yang di Indonesia, punya beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan saat perayaan Imlek.

Pantangan-pantangan pada Imlek ini diyakini akan menjauhkan rezeki di Tahun Baru China ini.
Salah satu pantangan Imlek tersebut adalah menyapu rumah. Apa sebabnya ya?

Baca Juga: Inilah 5 Pantangan Saat Hari Perayaan Imlek

Kegiatan menyapu rumah diyakini akan membuang keluar keberuntungan dan kemakmuran. Dengan kata lain, seperti “menyapu” kekayaan.

Jadi, biasanya masyarakat Tionghoa akan melakukan bersih-bersih satu hari sebelum perayaan Imlek. Mereka juga akan menyembunyikan alat-alat pembersih sebelum malam tahun baru Imlek.

Masyarakat Tionghoa juga disarankan membersihkan rumahnya satu hari setelah Imlek, namun sampahnya tidak boleh keluar lewat depan pintu rumah. Jika melanggar, salah satu anggota keluarga ada yang meninggal.

Saat Imlek pun membuang sampah tidak diperbolehkan karena dianggap membuang keberuntungan dari rumah. Jadi biasanya sampah di rumah akan dikumpulkan rapi dulu di rumah saat hari perayaan Imlek.

Baca Juga: Unik! Ini Dia Ragam Pernak-Pernik Imlek

Selain larangan menyapu dan membuang sampah, ada beberapa pantangan lain saat Imlek, seperti makan bubur, memakai pakaian hitam atau gelap, memberi hadiah berupa jam, sepatu, payung, dan cermin. 
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x