HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Pemerintah Belum Keluarkan Travel Warning ke China, Ini Kata Menhub

Sabtu, 25 Januari 2020 | 04:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus penyebaran virus Corona di China terus menjadi perhatian publik. Hingga saat ini sudah ada 25 orang meninggal dunia akibat terjangkit virus ini.

Meski mengkhawatirkan, pemerintah Indonesia sampai hari ini belum mengeluarkan travel warning atau peringatan perjalanan ke China. Dilansir dari Kompas.com, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, meski pemerintah belum menetapkan status travel warning, Kementerian Perhubungan sudah mewanti-wanti maskapai untuk tidak terbang ke Wuhan.

"Secara umum sudah menyampaikan kepada operator. Kita pertama kali memperhatikan penerbangan kita untuk tidak terbang ke kota Wuhan," ujar dia di kantornya, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Budi Karya memastikan sudah tidak ada penerbangan yang menuju Wuhan, ataupun yang datang dari Wuhan.

"Bahkan kemarin, penerbangan dari Wuhan kosong. Dan kita sementara ini menutup penerbangan kita ke sana," ujar Budi dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Kemenlu Keluarkan Imbauan, WNI Diminta Jauhi Kota Asal Virus Corona

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah mengeluarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara melalui Direktur Keamanan Penerbangan Nomor SE.001/DKP/I/2020 tanggal 20 Januari 2020 yang berisi empat perintah kepada maskapai.

Pertama, maskapai harus melengkapi kartu general declaration (Gendec) untuk diberikan kepada petugas karantina kesehatan di bandara kedatangan. Kedua, maskapai wajib melaporkan kepada petugas lalu lintas udara yang bertugas apabila terdapat orang atau penumpang yang diduga terpapar karena terjangkit di pesawat udara.

#Wuhan #VirusCorona #China

Penulis : Laura Elvina



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
16:04
MENKO PMK PASTIKAN PESAWAT GARUDA INDONESIA DIGUNAKAN UNTUK MENJEMPUT WNI DARI KAPAL DIAMOND PRINCESS DI JEPANG   KANWIL KEMENAG JAWA BARAT CATAT SEKITAR 200 AGEN UMRAH TERDAMPAK KEBIJAKAN ARAB SAUDI BERHENTIKAN SEMENTARA UMRAH   JAKSA AGUNG ST BURHANUDDIN PASTIKAN AKAN ADA TERSANGKA BARU DI KASUS DUGAAN KORUPSI ASURANSI JIWASRAYA   JAKSA AGUNG LANTIK ALI MUKARTONO JADI JAMPIDSUS, SUNARTA MENJADI JAMPIDUM, DAN MANGIHUT SINAGA SEBAGAI STAF AHLI   PEMPROV RIAU SEBUT DAPAT JATAH PEREMAJAAN 24.000 HEKTAR PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PADA 2020 DARI PEMERINTAH PUSAT   WHO INGATKAN SELURUH NEGARA DI DUNIA SIAP SIAGA HADAPI VIRUS KORONA   IMBAS ARAB SAUDI BERHENTIKAN SEMENTARA UMRAH, MENAG: 2.393 WNI GAGAL UMRAH DAN 1.685 DIPULANGKAN   MENAG: JEMAAH GAGAL UMRAH KARENA KEBIJAKAN ARAB SAUDI BERHENTIKAN SEMENTARA DIJADWALKAN ULANG TANPA BIAYA TAMBAHAN   JELANG RAMADAN, BULOG SIAP AMANKAN PASOKAN BERAS LOKAL DI SELURUH WILAYAH INDONESIA   CEGAH BANJIR, PEMERINTAH KOTA BEKASI AKAN MENGEVALUASI IZIN PENDIRIAN APARTEMEN, MALL, HINGGA GUDANG   KORLANTAS POLRI: SIM INTERNASIONAL ASAL INDONESIA BERLAKU DI 188 NEGARA   POLISI: PENIMBUNAN DAN PRODUKSI MASKER ILEGAL DI CAKUNG MANFAATKAN ISU VIRUS KORONA, OMZET RP 250 JUTA PER HARI   POLISI GEREBEK GUDANG PENIMBUNAN DAN PRODUKSI MASKER ILEGAL DI CAKUNG, JAKARTA UTARA   KEMENTERIAN LUAR NEGERI: WNI DI KAPAL PESIAR DIAMOND PRINCESS RENCANANYA DIEVAKUASI MINGGU 1 MARET 2020