HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Hasto Dikasih 24 Pertanyaan, Penyidik KPK Mau Dalami Alasan PDIP Tunjuk Harun Masiku

Jumat, 24 Januari 2020 | 21:49 WIB
hasto-dikasih-24-pertanyaan-penyidik-kpk-mau-dalami-alasan-pdip-tunjuk-harun-masiku
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberi keterangan seusai pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (24/1/2020). (Sumber: KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku ada 24 pertanyaan yang diajukan penyidik KPK saat proses pemeriksaan dirinya sebagai saksi tersangka eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan

Salah satu diantaranya alasan PDIP merekomendasikan Harun Masiku sebagai pengganti almarhum Nazarudin Kiemas. Menurut Hasto, Harun memiliki latar belakang yang memumpuni sebagai anggota DPR pengganti almarhum Nazarudin. Harun juga dinilai memiliki kompetensi di bidang aturan perdaganan dan kerjasama ekonomi internasional.

"Mengapa saudara Harun, kami memberikan keterangan karena yang bersangkutan punya latar belakang yang baik, sedikit dari orang Indonesia yang menerima beasiswa dari ratu Inggris dan memiliki kompetensi dalam internernational economic law," ujar Hasto di gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Baca Juga: Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto Diperiksa KPK terkait Suap Eks Komisioner KPU

Hasto menambahkan, partai memiliki kedaulatan untuk menentukan kader pengganti di DPR. Hal ini pernah dilakukan saat DPP PDIP menentukan Irwansyah sebagai pengganti almarhum Sutradara Ginting, caleg terpilih periode 2009-2014. 

"Ya sama dulu ketika Bapak Sutradara Ginting digantikan oleh Pak Irwansyah. Pak irwansyah juga memiliki suara yang lebih sedikit disitu ada pertimbangan strategis dari partai," ujar Hasto.

Hasto diperiksa KPK sebagai saksi terkait kasus dugaan suap PAW anggota DPR dari PDIP yang menyeret Wahyu Setiawan. Ia tiba di gedung KPK pada pukul 9.00 WIB.

Penulis : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
19:47
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   KOMNAS HAM MINTA PRESIDEN DAN DPR TUNDA PENGESAHAN RKUHP   KANWIL KEMENKUMHAM BALI SIAPKAN BLOK KHUSUS UNTUK NARAPIDANA BERSTATUS POSITIF KORONA   KEMENTERIAN LUAR NEGERI ALOKASIKAN RP 110 MILIAR UNTUK PENANGANAN VIRUS KORONA   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO TERBITKAN SE LARANGAN MUDIK BAGI ASN DAN KELUARGA   KEMENDIKBUD MENDATA 40.081 SENIMAN TERDAMPAK PANDEMI VIRUS KORONA   IKATAN DOKTER NDONESIA INVESTIGASI MENINGGALNYA PETUGAS MEDIS TANGANI KORONA   PEMKAB BANTUL, YOGYAKARTA, SIAPKAN RUMAH ISOLASI WARGA YANG MUDIK DARI LUAR DAERAH   KETUA DPR: PEMERINTAH PERLU MILIKI DATABASE TERKAIT RUMAH SAKIT YANG TENAGA KESEHATANNYA MEMERLUKAN APD   MENLU SEBUT 907 WNI PESERTA JAMAAH TABLIGH BERADA DI LUAR NEGERI, PALING BANYAK DI INDIA   MENSOS: WARGA MISKIN DI JABODETABEK DAPAT PAKET SEMBAKO BUKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI   MUI: JIKA PANDEMI VIRUS KORONA MASIH TAK TERKENDALI, SHALAT IDUL FITRI DITIADAKAN   GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN KORONA SERAHKAN 7.000 APD KE DOKTER GIGI DAN SPESIALIS THT