Kompas TV nasional berita kompas tv

Litbangkes Lakukan Pemeriksaan Pasien Diduga Terpapar Virus Corona

Kompas.tv - 24 Januari 2020, 21:05 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang pasien yang dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, diduga terpapar virus Corona.

Sang pasien memiliki riwayat berkunjung wilayah terkait, yakni China, Tiongkok .

Menurut Direktur Medik dan keperawatan Rumah Sakit Sulianti Saroso, pasien yang diduga terpapar virus corona, kondisinya semakin membaik.

Pasien sebelumnya menderita tiga gejala awal terpapar virus corona, yakni demam, batuk, dan  kesulitan bernafas.

Pasien juga diketahui berkunjung ke Tiongkok, sebelum sakit.

Pasien diduga terkena virus NCOV atau Novel Corona Virus karena memiliki tiga gejala awal penyakit ini, yakni demam, batuk, kesulitan bernapas, ditambah lagi pasien memiliki riwayat dari daerah endemis virus yakni Tiongkok.

Selain itu, Ketua Pokja penyakit infeksi emerging RSPI Sulianti Saroso, Dokter Pompini, juga menyebutkan pasien telah melakukan pemeriksaan berupa pengambilan cairan hidung, tenggorokan dan dahak.

Pemeriksaan dilakukan oleh Litbangkes dan akan keluar hasilnya pada dua atau tiga hari mendatang.

Pasien terduga akan mengalami masa inkubasi selama tujuh hingga 14 hari, baru nanti akan dinyatakan bebas atau terjangkit virus corona.

Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso di Jakarta adalah salah satu Rumah Sakit rujukan nasional, untuk pasien penyakit infeksi.

Di Rumah Sakit Sulianti Saroso terdapat sebelas kamar isolasi, guna menangani pasien terinfeksi, termasuk pasien yang diduga terpapar virus corona.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x