Kompas TV video sisi tv

Mengapa Banyak Muncul Kerajaan Fiktif di Indonesia? Dari Keraton Sejagat Hingga Sunda Empire

Kompas.tv - 24 Januari 2020, 18:26 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Padahal belum lama Keraton Agung Sejagat jadi pembicaraan yang hangat, baik di media sosial maupun dunia nyata. Namun, kini kembali muncul  “kerajaan” lainnya. 

Ada pun yang terbaru adalah kemunculan Kekaisaran Sunda Empire. Warga Bandung sendiri digegerkan dengan kemunculan kerajaan baru Sunda Empire ini. 

Ada sejumlah fakta mengenai Sunda Empire, yakni merupakan kekaisaran, klaim pemerintahan berakhir 15 Agustus 2020, hingga mampu mengendalikan nuklir.

Bukan cuma Sunda Empire, ada juga kemunculan Kesultanan Selaco atau Selacau.

Kesultanan Selaco atau Selacau Tunggul Rahayu berdiri di Kampung Nagara Tengah, Desa Cibungur, Kecamatan Parung Ponteng, Tasikmalaya sejak tahun 2004 lalu.

Kesultanan selaco didirikan Raden Rohidin Patra Kusumah (40) dengan gelar Sultan Patra Kusumah VIII. Rohidin mengaku sebagai keturunan ke-9 dari Kerajaan Padjadjaran era kepemimpinan Raja Surawisesa. 

Fakta lain mengenai Kesultanan ini diketahui diterima oleh masyarakat dan hidup berdampingan selama bertahun-tahun dengan warga sekitar.

Kesultanan Selaco memiliki legalitas fakta sejarah yang dikeluarkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2018. Sementara itu, untuk dananya pun diketahui berasal dari Swiss. 

Lalu mengapa banyak bermunculan kerajaan-kerajaan tersebut? Ada fenomena apa yang terjadi? Simak ulasannya dalam program SISI TV "Fenomena Kerajaan Fiktif di Indonesia" berikut ini.

#SundaEmpire #Selaco #KeratonSejagat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.