HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas siang

Heboh Soal Kerajaan Fiktif Bermunculan, JK : Kok Mau Aja Ditipu

Jumat, 24 Januari 2020 | 23:41 WIB

KOMPAS.TV - Polisi terus menggali kasus dugaan penipuan yang dilakukan Keraton Agung Sejagat di Purworejo dan mendalami fenomena Sunda Empire.

Dari hasil tes kejiwaan, sang raja dan ratu, rupanya secara sadar dan sehat melakukan upaya penipuan.

"Sehat dan sadar menipu". Itulah hasil tes kejiwaan pasangan Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat, di Purworejo, yang membuat heboh tanah air. Toto Santoso dan Fanni Aminadia, dinyatakan sadar, saat mendirikan Kerajaan fiktif-nya tahun 2018 lalu.
Aliran dana yang masuk ke rekening tersangka, Toto Santoso pun ditelusuri. Polisi bahkan menemukan uang berjumlah sekitar 1,3 miliar rupiah.

Puluhan korban Keraton Agung Sejagat, sudah diperiksa. Rata-rata korban menyetor uang tunai sebesar 30 juta rupiah, kepada Toto Santoso dan Fanni Aminadia.

Rupanya, uang itu berasal dari hasil membujuk warga dengan iming-iming tertentu. Indikasi pengumpulan uang dari pengikut sebelumnya diungkap sejumlah warga Purworejo, Jawa Tengah yang pernah bergabung di Keraton Sejagat.

Tidak hanya Keraton Agung Sejagat saja yang muncul, fenomena kerajaan fiktif lainnya muncul di Jawa Barat yakni Sunda Empire.

Wakil Presiden ke-10 dan 12 Republik Indonesia, Jusuf Kalla juga ikut berkomentar soal maraknya fenomena kerajaan fiktif. JK menganggap kerajaan fiktif ini sebagai bentuk perilaku kelompok penipu. JK mengingatkan pemerintah untuk mengambil langkah serius, apalagi jika kelompok penipu sudah berdampak negatif kepada masyarakat.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
16:25
SUGENG RAWUH! AUDISI SUCI IX SIAP MENYAPA SEMARANG, 20 FEBRUARI 2020 DI AZYX CAFE PUKUL 10.00-19.00. LET'S MAKE LAUGH!   HORAS! IKUTI AUDISI SUCI IX DI KOTA MEDAN, 20 FEBRUARI 2020, DI MOJO SIP & DINE PUKUL 10.00-19.00, LET'S MAKE LAUGH !   SAAT INI, LIVERPOOL KOKOH DI PUNCAK KLASEMEN LIGA INGGRIS DENGAN KOLEKSI 76 POIN   LIVERPOOL JADI TIM PERTAMA EROPA YANG LOLOS KE LIGA CHAMPIONS MUSIM DEPAN   THAILAND MELARANG WARGANYA KUNJUNGI JEPANG DAN SINGAPURA UNTUK SEMENTARA WAKTU KARENA VIRUS KORONA   DIREKTUR RS WUCHANG, WUHAN, LIU ZHIMING MENINGGAL DUNIA AKIBAT VIRUS KORONA   BADAN PENANGGULANGAN BENCANA INGGRIS TERBITKAN 600 PERINGATAN BAHAYA BANJIR AKIBAT BADAI DENNIS   PENCARIAN KORBAN LONGSOR DI PASAMAN, SUMBAR, TERKENDALA AKSES MASUK ALAT BERAT KE LOKASI KEJADIAN   DPR MINTA KEMENTAN BENAHI PERHITUNGAN DATA PERTANIAN   BNN SITA KERANJANG BUAH YANG DIDUGA BERISI GANJA DI CIKOKOL, KOTA TANGERANG   DINAS TATA RUANG KOTA BEKASI SEBUT 400.000 RUMAH TINGGAL YANG TIDAK MENGANTONGI IMB BERADA DI PERKAMPUNGAN   DINAS TATA RUANG KOTA BEKASI: ADA 400.000 DARI 800.000 RUMAH TINGGAL DI BEKASI YANG BELUM MENGANTONGI IMB   TRANSJAKARTA UBAH RUTE BUS HARMONI-PULOGADUNG KARENA ADA PENGERJAAN "UNDERPASS" SENEN, JAKARTA PUSAT   KEPALA STAF KEPRESIDENAN (KSP) MOELDOKO: PROGRAM KARTU PRAKERJA MULAI DILAKSANAKAN APRIL 2020