Kompas TV video cerita indonesia

Wabah Virus Corona, Menkes: Kita Sudah Siaga Satu, Enggak Ada Tidurnya...

Kompas.tv - 24 Januari 2020, 16:55 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto berharap masyarakat tetap tenang dalam menyikapi kabar persebaran virus corona yang berasal dari Wuhan, China.

Menurut dia, saat ini Kementerian Kesehatan telah siaga satu dalam mengantisipasi masuknya virus corona ke Tanah Air. Terawan menyebut bahwa Kemenkes akan mengecek semua, termasuk seluruh pintu masuk negara.

"Kita sudah siaga satu ini, enggak ada tidurnya. Jadi tenang, saya bekerja membantu masyarakat untuk tidak usah khawatir," kata Terawan.

Baca Juga: Tiga Negara Asia Tenggara Umumkan Kasus Positif Wabah Virus Corona

Sebelumnya, Kemenkes mendapat laporan bahwa ada seorang karyawan Huawei yang diduga terjangkit virus corona seusai tiba dari China. Mendapati informasi tersebut, dirinya langsung mendatangi lokasi kejadian di Gedung BRI, Jakarta Pusat.

Karyawan itu kemudian menjalani pemeriksaan medis dan hasilnya dipastikan bahwa ia hanya mengalami flu biasa, bukan terjangkit virus corona seperti dikabarkan.

"Tidak terjadi apa-apa dan sudah dipastikan dia hanya sakit radang tenggorokan biasa. Pasien sudah dicek dan Dinas Kesehatan juga telah memberikan laporan ke saya," kata Menkes.

Baca Juga: Sebanyak 25 Orang Meninggal akibat Wabah Virus Corona di China

Terawan pun mengimbau agar semua pihak dapat menyaring setiap informasi yang beredar. Hal itu untuk menghindari adanya penyebaran informasi tidak benar alias hoaks yang hanya didasarkan pada asumsi, tanpa disertai bukti yang bisa dipertanggungjawabkan.

Selain itu, ia juga meminta semua pihak untuk berhati-hati dalam membuat pernyataan. Jangan sampai informasi yang diberikan melebihi wewenang yang dimiliki sehingga justru membuat kegaduhan di masyarakat. 

#VirusCorona #Corona #China



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x