Kompas TV nasional berita kompas tv

Ini Latar Belakang 9 Orang Baru Penasihat Ahli Kapolri Idham Aziz

Kompas.tv - 23 Januari 2020, 18:56 WIB
ini-latar-belakang-9-orang-baru-penasihat-ahli-kapolri-idham-aziz
Agus Raharjo, saat konferensi pers usai penandatanganan MoU di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/3/2017). (Sumber: KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Pol. Idham Aziz menunjuk sembilan orang baru untuk menjadi Penasihat Ahli (PA)  Kapolri.

Sembilan orang tersebut memiliki latar belakang beragam, mulai dari ahli hukum ketatanegaraan hingga mantan calon walikota.

Pelantikan sembilan PA Kapolri baru dan delapan orang PA Kapolri lama ini tertuang dalam Keputusan Kapolri Nomor: Kep/117/I/2020 tentang Pengukuhan, Pemberhentian dari, dan Pengangkatan Salam Jabatan Penasihat Ahli Kapolri.

Baca Juga: Jokowi Panggil Kapolri, Soal Kasus Novel Baswedan

PA Kapolri bidang Keamanan dan Politik Muradi, menjelaskan PA Kapolri berbeda dengan staf khusus di Kementerian dan staf khusus Panglima TNI.

PA Kapolri, sambung Muradi, tidak bersifat reguler berkantor di Mabes Polri. Namun tetap memberi masukan kepada Kapolri maupun Wakapolri di bidang masing-masing dalam pertemuan reguler setiap bulan.

"Kita tidak reguler berkantor dan melekat, kecuali ada permintaan melekat di Kapolri atau Wakapolri atau pimpinan di lingkungan Mabes Polri. Kita hanya reguler pertemuan bulanan dan spesifik membuat masukan," ujar Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjdjaran ini saat dihubungi, Kamis (23/1/2020).'

Muradi merupakan satu dari delapan orang lama yang ditunjuk sebagai PA Kaporli. Adapun latar belakang sembilan PA Kapolri baru itu yakni,

  1. Wakil Ketua Umum Ikatan Sarjana dan Profesi Perpolisian Indonesia Sisno Adiwinoto sebagai PA Kapolri bidang Ilmu Kepolisian
  2. Ketua PME Adi Indrayanto sebagai PA Kapolri bidang Informasi Teknologi 
  3. Fahmi Alamsyah PA Kapolri bidang Komunikasi Publik.
  4. Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang sebagai PA Kapolri bidang Media Sosial.
  5. Pakar Hukum Tata Negara, Reflu Harun sebagai PA Kapolri bidang Tata Negara.
  6. Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo sebagai PA Kapolri bidang Penanganan Korupsi.
  7. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ifdhal Kasim sebagai PA Kapolri bidang HAM
  8. Kepala Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UB Malang, Wildan Syafitri sebagai PA Kapolri bidang Ekonomi
  9. Bekas Calon Walikota Mojokerto Andy Soebjakto Molanggato sebagai PA Kapolri bidang Pergerakan Kepemudaan 

Untuk delapan orang lama PA Kapolri yakni, Indriyanto Seno Adji sebagai PA Kapolri bidang Hukum, Indria Samego PA Kapolri bidang Politik, Chaerul Huda PA Kapolri bidang Hukum Pidana, Fachry Aly PA Kapolri bidang Sosiologi.

Baca Juga: Hadapi Cuaca Buruk, TNI-Polri Siaga Bencana

Kemudian Hendardi PA Kapolri bidang HAM, Muradi PA Kapolri bidang Keamanan dan Politik, Hermawan Sulistyo PA Kapolri bidang Politik, Nur Kholis PA Kapolri bidang HAM.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x