Kompas TV nasional berita kompas tv

Ini Latar Belakang 9 Orang Baru Penasihat Ahli Kapolri Idham Aziz

Kamis, 23 Januari 2020 | 18:56 WIB
ini-latar-belakang-9-orang-baru-penasihat-ahli-kapolri-idham-aziz
Agus Raharjo, saat konferensi pers usai penandatanganan MoU di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/3/2017). (Sumber: KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Pol. Idham Aziz menunjuk sembilan orang baru untuk menjadi Penasihat Ahli (PA)  Kapolri.

Sembilan orang tersebut memiliki latar belakang beragam, mulai dari ahli hukum ketatanegaraan hingga mantan calon walikota.

Pelantikan sembilan PA Kapolri baru dan delapan orang PA Kapolri lama ini tertuang dalam Keputusan Kapolri Nomor: Kep/117/I/2020 tentang Pengukuhan, Pemberhentian dari, dan Pengangkatan Salam Jabatan Penasihat Ahli Kapolri.

Baca Juga: Jokowi Panggil Kapolri, Soal Kasus Novel Baswedan

PA Kapolri bidang Keamanan dan Politik Muradi, menjelaskan PA Kapolri berbeda dengan staf khusus di Kementerian dan staf khusus Panglima TNI.

PA Kapolri, sambung Muradi, tidak bersifat reguler berkantor di Mabes Polri. Namun tetap memberi masukan kepada Kapolri maupun Wakapolri di bidang masing-masing dalam pertemuan reguler setiap bulan.

"Kita tidak reguler berkantor dan melekat, kecuali ada permintaan melekat di Kapolri atau Wakapolri atau pimpinan di lingkungan Mabes Polri. Kita hanya reguler pertemuan bulanan dan spesifik membuat masukan," ujar Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjdjaran ini saat dihubungi, Kamis (23/1/2020).'

Editor : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:48
BACA BERITA KOMPAS.ID, BONUS E-BOOK GRAMEDIA DIGITAL. SEGERA AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MENANG 8-2 ATAS BARCELONA, BAYERN MUENCHEN LANJUT KE SEMIFINAL LIGA CHAMPIONS   KEMENTERIAN PUPR SIAP SALURKAN INSENTIF PRASARANA, SARANA, DAN UTILITAS RUMAH BERSUBSIDI   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA IMBAU WARGA TAK GELAR LOMBA PERINGATAN HUT KE-75 RI KARENA PANDEMI KORONA   PEMKOT DENPASAR AKAN TERAPKAN SANKSI DENDA DAN SOSIAL BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   PT KAI DAOP 2 BANDUNG OPERASIKAN KEMBALI 3 KERETA API JARAK JAUH KE ARAH JATENG DAN JATIM   PEMAIN BELAKANG BARCELONA ASAL PERANCIS SAMUEL UMTITI POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   KAPOLSEK JENU, TUBAN, JAWA TIMUR, BENARKAN DAGING BANTUAN PROGRAM BPNT TIDAK LAYAK KONSUMSI   WAKIL KETUA DPRD DKI ZITA ANJANI MINTA WARGA TIDAK MEMBUAT LOMBA PERINGATAN 17 AGUSTUS   PEMERINTAH SPANYOL MELARANG WARGANYA MEROKOK DI JALAN UMUM UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   PBB TELUSURI LIMBAH BERBAHAYA BEKAS LEDAKAN DI BEIRUT, LEBANON   GIANT EXTRA MARGO CITY DITUTUP SEMENTARA AKIBAT ADA PEGAWAI YANG POSITIF COVID-19