Kompas TV nasional sapa indonesia

Karakter Adalah Fondasi Kepemimpinan

Kamis, 23 Januari 2020 | 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keberhasilan anda dalam memimpin diri sendiri, menjadi tiket dipercaya memimpin team, organisasi bahkan bangsa.

Dalam hal itu, ada dua kata penting, yaitu: karakter dan kompetensi.

Keduanya penting. Tetapi memperhatikan banyaknya kecacatan karakter orang-orang yang disebut pejabat atau pemimpin, maka kita perlu membahas 'karakter' ini secara khusus.

Karakter adalah fondasi kepemimpinan. Semua kepemimpinan yang efektif, dibangun diatas karakter yang kuat.

Maka jika karakter kepemimpinan tidak secara sengaja disiapkan, maka keberhasilan seseorang dalam hal jabatan dan harta bisa sangat besar, dimana karakter tidak mampu menopangnya, dan akibatnya semua hancur berantakan, tak tersisa.

3 kata kunci dalam kepemimpinan: visi, potensi, prinsip-nilai.

Pemimpin sejati memiliki nilai dan prinsip pribadi.

Mereka mempertahankan, menegakkan, dan mewujudkan nilai dan prinsip tersebut, bahkan sampai mati. Sayangnya, banyak di antara kita bahkan tak bersedia bangun lebih pagi untuk mengejar sesuatu, apalagi harus mati untuk sesuatu itu.

Tak mengherankan jika sangat jarang kita menemukan pemimpin sejati yang berhasil mengubah sesuatu menjadi lebih baik. Semua dimulai dari nilai dan prinsip hidup.

Seperti saat membangun rumah yang kukuh, fondasi adalah ba- gian terpenting yang harus kita siapkan sejak awal. Demikian juga dengan kepemimpinan yang efektif, karakter merupakan fondasinya. 

Bagaimana membangun nilai-prinsip yang melahirkan karakter pemimpin yang kuat dan positif?

Putuskan, prinsip nilai yang anda pegang seumur, hidup tanpa kompromi.

Editor : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Gakkumdu Hentikan Kasus Erwin Aksa

Senin, 26 Oktober 2020 | 14:49 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
15:00
ARMENIA DAN AZERBAIJAN SEPAKAT GENCATAN SENJATA DALAM KONFLIK NAGORNO-KARABAKH   SINGAPURA HENTIKAN PENGGUNAAN 2 VAKSIN INFLUENZA SKYCELLFLU QUADRIVALENT DAN VAXIGRIPTETRA   ISRAEL MULAI UJI COBA KANDIDAT VAKSIN KORONA POTENSIAL TERHADAP MANUSIA PADA 1 NOVEMBER 2020   TIONGKOK GELAR TES KORONA SECARA MASSAL TERHADAP 4,75 JUTA WARGA XINJIANG SETELAH ADA 137 KASUS KORONA BARU   KEMENAG TENGAH MENYUSUN ATURAN BEBAS KORONA BAGI CALON JEMAAH UMRAH ASAL INDONESIA   POLRI SELIDIKI OKNUM BRIMOB YANG JADI PEMASOK SENJATA KELOMPOK KRIMINAL BERSENJATA (KKB) PAPUA   JENAZAH STAF KPU WONOGIRI YANG DITEMUKAN DI KAMAR HOTEL SOLO DIBAWA KE RSUD DR MOEWARDI SOLO UNTUK DIOTOPSI   SEORANG STAF KPU WONOGIRI DITEMUKAN MENINGGAL DI DALAM KAMAR HOTEL DI SOLO, JAWA TENGAH   KPU KOTA SEMARANG SEDIAKAN 3.447 ALAT BANTU HURUF BRAILE UNTUK PEMILIH PENYANDANG TUNANETRA   SEORANG ISTRI POLISI DI PENAJAM PASER UTARA, KALTIM, JADI TERSANGKA KASUS INVESTASI BODONG & ARISAN DARING RP 200 JUTA   DINKES CILACAP, JAWA TENGAH: 489 DARI 502 SANTRI DI CILACAP SEMBUH DARI KORONA    DEBAT PILKADA BALIKPAPAN, KALTIM, DIBATALKAN KARENA KETUA KPU BALIKPAPAN NOOR TOHA POSITIF TERINFEKSI KORONA   PT KAI: 83.000 TIKET KERETA API TERJUAL UNTUK LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER 2020   PRESIDEN JOKOWI RILIS ATURAN BARU PENGELOLAAN PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK (PNBP) DEMI TEKAN PUNGLI