Kompas TV nasional sapa indonesia

Karakter Adalah Fondasi Kepemimpinan

Kompas.tv - 23 Januari 2020, 16:01 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keberhasilan anda dalam memimpin diri sendiri, menjadi tiket dipercaya memimpin team, organisasi bahkan bangsa.

Dalam hal itu, ada dua kata penting, yaitu: karakter dan kompetensi.

Keduanya penting. Tetapi memperhatikan banyaknya kecacatan karakter orang-orang yang disebut pejabat atau pemimpin, maka kita perlu membahas 'karakter' ini secara khusus.

Karakter adalah fondasi kepemimpinan. Semua kepemimpinan yang efektif, dibangun diatas karakter yang kuat.

Maka jika karakter kepemimpinan tidak secara sengaja disiapkan, maka keberhasilan seseorang dalam hal jabatan dan harta bisa sangat besar, dimana karakter tidak mampu menopangnya, dan akibatnya semua hancur berantakan, tak tersisa.

3 kata kunci dalam kepemimpinan: visi, potensi, prinsip-nilai.

Pemimpin sejati memiliki nilai dan prinsip pribadi.

Mereka mempertahankan, menegakkan, dan mewujudkan nilai dan prinsip tersebut, bahkan sampai mati. Sayangnya, banyak di antara kita bahkan tak bersedia bangun lebih pagi untuk mengejar sesuatu, apalagi harus mati untuk sesuatu itu.

Tak mengherankan jika sangat jarang kita menemukan pemimpin sejati yang berhasil mengubah sesuatu menjadi lebih baik. Semua dimulai dari nilai dan prinsip hidup.

Seperti saat membangun rumah yang kukuh, fondasi adalah ba- gian terpenting yang harus kita siapkan sejak awal. Demikian juga dengan kepemimpinan yang efektif, karakter merupakan fondasinya. 

Bagaimana membangun nilai-prinsip yang melahirkan karakter pemimpin yang kuat dan positif?

Putuskan, prinsip nilai yang anda pegang seumur, hidup tanpa kompromi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x