Kompas TV nasional kompas pagi

Kisruh Jiwasraya dan Asabri, Ombudsman Pertanyakan Kinerja OJK

Kompas.tv - 23 Januari 2020, 11:51 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

Kinerja Otoritas Jasa Keuangan, OJK kini dipertanyakan pasca-mencuatnya skandal gagal bayar yang menimpa perusahaan Asuransi BUMN Jiwasraya dan kerugian besar di tubuh Asabri.

Sorotan terhadap kinerja OJK datang dari Ombudsman RI yang menemukan adanya inkonsistensi pengaturan terkait kewajiban adanya direktur kepatuhan di perusahaan asuransi.

Menurut Anggota Ombudsman, Alamsyah Saragih, pengaturan dan pengawasan oleh OJK dalam hal tata kelola asuransi makin melemahkan perusahaan asuransi, seperti Asabri dan Jiwasraya.

Ombudsman akan melakukan investigasi dengan mengundang OJK.
Tak hanya Ombudsman , Komisi XI DPR juga mempertanyakan kinerja OJK. Bahkan muncul wacana pembubaran OJK.

Menanggapi wacana ini , Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso-pun menegaskan, OJK sudah bekerja profesional dan indepependen sebagai otoritas pengawas di sektor jasa keuangan.

Sementara Menteri Keuangan, Sri Mulyani tidak memungkiri upaya pencegahan, penanganan, dan stabilisasi sektor keuangan masih memiliki banyak kekurangan.

Kendati demikian, Sri Mulyani menyatakan upaya penyempurnaan sistem atau aturan dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan nasional akan terus dilakukan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x