Kompas TV regional berita daerah

Mantat Tu' Mate, Upacara Adat Suku Dayak Antarkan Orang Meninggal

Kompas.tv - 22 Januari 2020, 16:40 WIB
Penulis : Reny Mardika

KALIMANTAN BARAT, KOMPAS.TV - Suku Dayak taman dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat memiliki upacara khusus untuk mengantar orang yang telah meninggal dunia, namanya upacara adat Mantat Tu' Mate.

Upacara dilakukan selama tujuh hari berturut-turut dengan iringan musik dan tarian sebelum jenazah dikebumikan.

Seperti dalam video itulah prosesi adat Mandaria'i yang merupakan salah satu bagian dari upacara adat Mantat Tu' Mate Dayak Taman, Kabupaten Kapuas Hulu untuk mengantar orang yang telah meninggal dunia.

Dalam prosesi adat Mandaria'i ini, keluarga dan para pengantar menari memutari peti jenazah dari luar masuk ke dalam rumah sebanyak tiga kali dengan diiringi tetabuhan dengan bunyi khusus.

Tarian ini juga diikuti doa dan menebas kayu yang nantinya akan dibuang jauh untuk membuang sial dan membuang semua perasaan di dunia.

Bagi masyarakat adat Dayak, taman upacara adat ini harus terus dilaksanakan sebagai warisan budaya dan kepercayaan masyarakat adat dayak taman.

Bagi masyarakat adat Dayak, taman upacara adat Mantat Tu' Mate memiliki makna bukan lagi dukacita, melainkan pesta memperingati bahwa almarhum telah lepas dari kehidupan duniawi dan berjalan ke kehidupan lain dengan diiringi doa-doa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.