Kompas TV nasional kompas pagi

Atraksi Memukau dan Indahnya Keberagaman Budaya di Komunitas Liong dan Barongsai

Kompas.tv - 22 Januari 2020, 15:06 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

Tidak hanya melompat dari satu tiang ke tiang lain, gerakan barongsai yang enerjik dan lincah ternyata mengandung nilai filosofi untuk menghormati sesama.

Tidak hanya itu, atraksi barongsai dipercaya dapat mengusir malapetaka, dan mendatangkan rezeki.

Gerakannya lincah, kuat, dan enerjik. Seni atraksi dari Negeri Tirai Bambu ini memang selalu memukau para penontonnya.

Dahulu, liong yang menyerupai naga , dan barongsai yang berbentuk singa, biasa dipentaskan dari satu daerah ke daerah lain.

Tujuannya, selain untuk hiburan ,atraksi ini dipercaya dapat mengusir malapetaka, dan mendatangkan rejeki .

Kelihaian tim barongsai Kong Ha Hong yang meraih juara dunia di Guang Xi World Lion Dance Championship 2019 ini memang penuh dengan aksi memukau!

Seperti meloncat palang setinggi 6,5 meter, berputar di atas palang, hingga memanjat, gerakan barongsai juga mengadung filosofi untuk menghormati sesama.

Sejak kecil, pemimpin tim barongsai Kong Ha Hong, Ronald Syarif telah berlatih sebagai pemain profesional, ia mengungkapkan resiko yang dihadapi, setiap pertunjukan atraksi berlangsung.

Sejak tahun 2013, barongsai ditetapkan sebagai cabang olahraga. Bibit atlet telah dilatih secara profesional selama 20 tahun disini.

Peserta latihan di komunitas Kong Ha Hong yang berjumlah 85 orang ini berkisar dari umur 8-30 tahun.

Keragaman antar pemain satu dengan lainnya, membawa warna tersendiri untuk kekompakan mereka, hingga mengantarkan Kong Ha Hong menjadi tiga kali juara dunia barongsai di negara Tiongkok.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.